OBAT DICAMPUR KE SUSU, EFEKNYA INI LHO!

Beberapa waktu lalu, terdapat berita yang viral mengenai balita yang diberi susu formula yang sudah dicampur dengan cetirizine oleh pengasuhnya agar cepat tidur. Tentunya hal ini dapat berbahaya bagi balita tersebut, apalagi dosis yang diberikan tidak diketahui. Terlepas dari itu, mungkin banyak juga ibu yang mencampurkan obat dengan susu formula karena si kecil susah minum obat. Nah, kali ini, saya akan membahas, bolehkah memberikan obat yang dicampur ke susu formula untuk balita?

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa pemberian obat yang diberikan bersamaan dengan susu dapat menghilangkan khasiat obat. Nah, hal ini bukan hanya mitos ya. Kalsium yang terkandung dalam susu dapat mengikat molekul pada obat sehingga menggumpal dan tidak dapat diserap secara maksimal oleh tubuh. Akibatnya tentu saja obat yang diberikan tidak dapat bekerja secara optimal.

Bila ibu ingin memberikan susu formula bagi anak, sebaiknya diberikan jeda sekitar 1-2 jam.

Perlu dicatat juga bahwa ada beberapa jenis obat dan suplemen yang pemberiannya bisa dicampur dengan susu seperti lactobacilus B atau vitamin A, D. E dan K. Namun, ingat ya suhu susunya tidak boleh lebih dari 65 derajat agar lactobacillusnya tidak mati.