MENGENAL JENIS OBAT SUPPOSITORIA, OBAT YANG TIDAK UNTUK DIMINUM

Tipe obat apa sajakah yang pernah Anda konsumsi? Saat sedang kurang enak badan dan harus minum obat, mungkin Anda akan mengkonsumsi obat dalam bentuk tablet, pil, atau sirup. Ada banyak tipe obat yang dapat ditemukan di apotek maupun toko obat. Namun, mungkin Anda belum pernah mengkonsumsi obat suppositoria. Hmm, tipe obat yang bagaimanakah ini?

Suppositoria adalah jenis obat yang cara konsumsinya tidak disuntikkan atau diminum lewat mulut melainkan dimasukkan melalui dubur, vagina, atau uretra. Obat-obatan suppositoria biasanya berukuran kecil dengan ujung meruncing seperti peluru. Saat obat tersebut sudah dimasukkan ke dalam dubur, obat akan larut karena suhu tubuh dan akan melepaskan zat aktifnya. Oleh karena itu suppositoria cenderung lunak dan mudah lembek.

Biasanya, suppositoria diberikan kepada bayi maupun anak kecil yang cenderung susah untuk menelan obat. Namun, ada beberapa keadaan yang mengharuskan seorang pasien untuk mengkonsumsi suppositoria. Pertama, pasien tidak dapat menelan obat secara normal, entah karena terus menerus muntah atau karena pasien sedang tidak sadarkan diri. Kedua, mungkin karena obat yang diberikan secara oral akan mengeluarkan zat aktifnya terlalu awal bila ditelan. Terakhir, bisa jadi karena obat yang diberikan rasanya sangat tidak enak jika ditelan langsung.

Obat-obatan suppositoria biasanya diberikan untuk penyakit seperti alergi, asma, konstipasi, wasir, demam pada anak, serta penyakit mental seperti skizofrenia atau bipolar. Bila Anda harus menggunakan suppositoria, Anda pertama akan mendapat bantuan dan arahan dari tenaga medis. Anda juga bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain bila Anda merasa kurang nyaman. Pastikan tangan dan alat yang Anda gunakan dalam keadaan bersih agar tidak ada infeksi bakteri saat memasukkan obat. 



Sumber: Webmd.com