BERHASIL BERHENTI MEROKOK? DUA BUAH INI WAJIB DIKONSUMSI YA!

Apakah Anda akhirnya sukses berhenti merokok?

Nah, penting lho untuk tahu bahwa menjaga kesehatan tubuh setelah sukses berhenti merokok adalah hal yang harus dilakukan. Setelah merokok dalam waktu yang lama, tak diragukan lagi bahwa kondisi paru-paru akan terganggu. Oleh karena itu, ada 2 jenis buah yang tak boleh dihindari oleh mantan perokok, yaitu buah apel dan tomat.

Kedua buah ini disinyalir dapat memperbaiki kerusakan paru-paru. Hasil tersebut merujuk pada penelitian terbaru dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menilai  diet dan fungsi paru-paru lebih dari 650 orang dewasa pada tahun 2002 dan kembali melakukan tes yang sama pada kelompok peserta yang sama 10 tahun kemudian. Menurut hasil riset bahwa orang dewasa konsumsi 2 tomat dan lebih dari 3 apel sehari menunjukkan penurunan fungsi paru yang lebih kecil dibandingkan mereka yang jarang makan buah tersebut. 

Lebih menarik lagi penelitian yang dirilis oleh Journal of the Respiratory edisi Desember ini, menemukan kaitan antara fungsi paru dan asupan buah terlihat lebih jelas pada mantan perokok. Bagi mantan perokok yang mengkonsumsi tomat, terutama apel mengalami penurunan fungsi paru yang lebih lambat selama periode 10 tahun. Fakta ini menunjukkan nutrisi dari buah-buah tersebut dapat memperbaiki kerusakan disebabkan oleh rokok. Ditegaskan oleh Dr Vanessa Garcia-Larsen fungsi paru mulai menurun saat usia 30 dengan kecepatan bervariasi tergantung pada kesehatan umum dan spesifik individu.


Sumber : kompas.com