OLAHRAGA YANG BIKIN CEPAT KURUS! LARI ATAU RENANG?

Olahraga kini menjadi tren gaya hidup yang cukup digandrungi oleh masyarakat. Tren olahraga favorit masyarakat sendiri ada berbaga jenis, mulai dari yoga hingga thai boxing. Meskipun demikian, ada 2 jenis olahraga yang selalu menjadi favorit netizen, yaitu lari dan berenang. Olahraga berenang menjadi pilihan masyarakat karena kalori dapat terbakar meskipun tidak berkeringat. Sementara itu, olahraga lari juga menjadi pilihan karena tidak diperlukan biaya ekstra untuk melakukannya.

Baik lari maupun berenang merupakan jenis olahraga kardio yang sangat baik utnuk meningkatkan detak jantung. Dengan demikian, kalori yang dibakar tentu lebih banyak daripada olahraga lainnya, karena otot jantung yang semakin kuat dapat memicu pembuluh darah untuk mengalirkan darah lebih banyak dan cepat. Artinya, oksigen pun dapat dialirkan ke sel-sel otot dengan lebih cepat. Sel-sel otot pun dapat membakar kalori lebih banyak. Yang jadi pertanyaan, antara berlari dan berenang, mana yang membakar lebih banyak kalori?

Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang dengan berat 85 kilogram dapat membakar hingga 1553 kalori dengan berlari selama satu jam. Sementara itu, saat berenang, ia hanya membakar sebesar 949 kalori per jam. Hal ini mungkin saja terjadi karena semakin cepat Anda berlari, kalori yang terbakar pun semakin banyak. Tak hanya itu, berlari juga membantu membakar kalori bahkan hingga 18 jam setelahnya. Berbeda dengan berenang yang hanya membakar kalori saat berenang saja. Ketika naik ke daratan, metabolisme tubuh pun turut berhenti karena udara akan meningkatkan suhu tubuh.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa berlari menjadi olahraga yang lebih efektif untuk membakar kalori. Namun, untuk membangun otot, renang dianggap lebih efektif karena tekanan air dapat membatasi jenis dan kemampuan gerak yang dibuat oleh otot. Intensitas, durasi, dan efisiensi gerakan juga menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah kalori yang dibakar. Terakhir, hasilnya mungkin lebih cepat dilihat pada pria karena para pria lebih mudah membakar lemak dan kalori daripada wanita.


Sumber: Kompas.com