MANDI MALAM HARI SEBABKAN PARU-PARU BASAH?

Sobat Sehat, pernah nggak sih merasa gerah pada malam hari lalu memutuskan untuk mandi? Tentunya Anda pernah mengalami hal tersebut ya. Namun, mungkin Anda pernah mendengar, apakah benar ya mandi malam dapat menyebabkan paru-paru basah?

Sebelumnya, yuk kita cari tahu dulu apa itu paru-paru basah.

Paru-paru basah adalah kondisi ketika pleura paru-paru berisi banyak cairan. Pleura adalah selaput tipis yang membungkus paru-paru dan bagian dalam rongga dada. Tugasnya adalah sebagai pelumas agar paru-paru tetap bisa bergerak dengan mulus saat bernapas. Bila kondisi pleura ini basah atau berisi banyak cairan, tentunya ada beberapa gejala kesehatan yang dapat muncul, seperti komplikasi jantung, emboli paru, ginjal, pneumonia, lupus, rematik, sirosis hati, dan masih banyak lagi.

Nah, lalu, benar nggak sih mandi malam bisa sebabkan paru-paru basah?

Hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan mitos itu lho. Udara malam memang cenderung lebih dingin sehingga risiko terjadinya infeksi paru-paru dapat meningkat. Namun, hal tersebut tidak cukup untuk membuat seseorang mengalami paru-paru basah. Sebaliknya, mandi di malam hari dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak, selain itu tubuh dan pikiran pun bisa lebih rileks sehingga Anda bisa tidur lebih cepat. Jadi, mandi malam tidak sebabkan paru-paru basah ya!