TERSERANG KANKER KARENA PIL KB? EMANG BISA YA?

Apakah ada yang mengikuti program KB? Progam KB ini memang dicanangkan pemerintah untuk mengatur pertumbuhan penduduk. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang menolaknya karena mitos-mitos tentang Pil KB. Yuk kita bahas ya..

Mitos 1: Pil KB membuat badan gemuk

Mungkin beberapa perempuan merasa tubuhnya lebih gemuk setelah minum Pil KB. Meskipun bisa saja terjadi, hal ini jarang ya. Kalau khawatir bertambah gemuk, bisa dikonsultasikan dulu jenis pil KB yang dikonsumsi agar sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Mitos 2: Pil KB membuat haid tidak teratur.

Hal ini tidak benar ya, karena pil KB justru membantu melancarkan haid dan justru meminimalkan gejala PMS yang biasa dialami perempuan ya. Selama minum pil KB, durasi haid menjadi lebih cepat.

Mitos 3: Pil KB membuat wajah jadi jerawatan

Jerawat muncul karena produksi hormon androgen yang terlalu tinggi. Nah, faktanya bila meminum pil KB yang mengandung estrogen dan jenis progestin tertentu, justru dapat menurunkan kadar hormon androgen sehingga kulit justru lebih bersih setelah 3 bulan pemakaian.

MItos 4: Pil KB membuat perempuan menjadi tidak subur lagi

Wah, jangan khawatir ya, tidak ada hubungan antara minum kontrasepsi dengan kesuburan. Bila Anda menghentikan konsumsi pil KB, maka kesuburan akan kembali dan Anda tetap bisa hamil.’

Mitos 5: Pil KB menyebabkan kanker

Mitos yang satu ini mem Tapi, yang namanya mitos ya hanya mitos. Pil KB justru memiliki efek perlindungan terhadap beberapa jenis kanker.Peningkatan risiko kanker lebih disebabkan pada faktor hormonal lain seperti usia terlalu muda saat haid pertama atau saat menopause.