GULA BATU LEBIH SEHAT DARI GULA PASIR? BENARKAH?

Berapa banyak gula yang Anda konsumsi dalam sehari? Tentunya cukup sulit untuk tidak menambahkan gula ke setiap makanan maupun minuman yang Anda konsumsi. Pasalnya, selain membuat makanan dan minuman menjadi manis, gula juga berfungsi sebagai penyedap. Wajar bila makanan dan minuman terasa hambar bila tidak diberi gula. Sebenarnya, menjaga konsumsi gula dapat membantu Anda untuk terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, banyak orang yang meyakini bahwa mengkonsumsi gula batu akan lebih sehat bila dibandingkan gula pasir. Benarkah demikian?

Penelitian Wageningen University mengungkapkan bahwa jenis gula batu ternyata tidak lebih sehat dari gula pasir. Gula batu memang tidak semanis gula pasir karena adanya kandungan air dalam kristal gula batu. Hal inilah yang membuat banyak orang merasa bahwa gula batu tentu lebih sehat dari gula pasir. Faktanya, gula batu tidak lebih sehat dari gula pasir, seperti yang ditemukan oleh peneliti dari Wageningen University.

Penemuan tersebut dibuktikan dari kandungan kalori dalam satu sendok teh gula pasir yang mengandung sekitar 16-20 kalori. Jumlah yang sama juga ditemukan dalam satu sendok teh gula batu, yaitu sekitar 19-20.3 kalori. Karena keadaan tersebut, artinya keduanya sama-sama memiliki resiko diabetes apabila dikonsumsi berlebih.

Anjuran asupan gula setiap harinya bagi masyarakat Indonesia pun telah dibatasi oleh Departemen Kesehatan RI, yaitu sebanyak 4 sendok makan atau 50 gram per hari. Nah, jika Anda ingin mengkonsumsinya, tentu hal ini harus diperhatikan dengan cermat, agar nantinya Anda tidak terserang diabetes atau penyakit lainnya.


Sumber: Detik.com