KEBIASAAN RAKYAT NEGARA +62, MAKAN NASI LAUK MIE INSTAN. BAHAYA LHO!

Saat lapar, Anda tentunya cenderung memilih makanan yang mengenyangkan. Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda konsumsi. Namun, bila sedang malas memasak, Anda mungkin memilih untuk makan mie instan. Mie instan memang terasa lezat, apalagi jika dikonsumsi saat hujan atau sedang santai. Namun, satu porsi mie instan biasanya tidak akan cukup untuk mengenyangkan perut. Oleh karenanya, tidak sedikit orang yang memilih makan mie instan dengan satu porsi nasi. Tentu saja porsi tersebut akan menjadi mengenyangkan dan cukup untuk mengisi tenaga.

Meskipun mengenyangkan, bukan berarti cara makan ini dianjurkan. Menurut ahli gizi dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., makan mie instan dengan nasi justru akan menimbulkan efek yang kurang sehat bagi tubuh. Menurutnya, mie instan yang mengandung karbohidrat dari tepung yang telah diolah berulang kali serta nasi yang juga mengandung karbohidrat akan menyebabkan gula darah naik. Tak hanya itu, tubuh akan kelebihan karbohidrat yang kemudian diubah menjadi gula.

Sebagai akibat dari terlalu banyaknya karbohidrat yang masuk, tubuh pun akan kekurangan nutrisi lainnya yang tak kalah penting dari karbohidrat, seperti mineral, protein, vitamin, dan lemak. Tak hanya itu, karena gula darah yang naik, maka resiko terserang diabetes pun ikut meningkat. Dalam satu bungkus mie instan terdapat 350-500 kalori, sedangkan dalam satu porsi nasi terdapat 175 kalori. Artinya, dalam sekali makan, Anda sudah mengkonsumsi hampir separuh kebutuhan kalori dalam sehari. Tentunya jumlah tersebut sangat tinggi. Wajar bila akibatnya akan buruk bagi tubuh.


Sumber: Liputan6.com