HOBI MENAHAN PIPIS? WAH WAH, AWAS GAGAL GINJAL!

Mungkin Anda sering mengalami kejadian ketika Anda sangat ingin kencing tapi pekerjaan Anda belum selesai. Tentu sesungguhnya hal ini sangat menyiksa tapi Anda tidak bisa meninggalkan pekerjaan Anda. Akhirnya, Anda terus menahan kencing hingga semua sudah selesai dikerjakan. Menahan kencing mungkin bukanlah hal yang sulit dilakukan. Meskipun demikian, tahukah Anda bila menahan kencing bisa berujung pada infeksi saluran kencing?

Ya, ini adalah fakta yang sebenarnya. Banyak orang yang sering menahan kencing akan berujung pada infeksi saluran kencing. Tentunya hal ini sangat tidak nyaman karena Anda harus merasakan sakit yang teramat sangat. Bahkan bila tidak diobati dengan segera, besar kemungkinan hal tersebut bisa menyebabkan komplikasi penyakit dan bahkan bisa jadi mengacu ke gejala gagal ginjal.

Sebenarnya, infeksi saluran kencing tidak hanya terjadi karena sering menahan kencing. Ada beberapa hal lain yang juga dapat mengakibatkan infeksi saluran kencing. Stephanie Seitz, ND, seorang dokter naturopati dari Southwest College of Naturopathic Medicine, menyampaikan bahwa kekurangan minum bisa menyebabkan infeksi saluran kencing. Air minum sesungguhnya berguna untuk mendorong bakteri yang menyebabkan infeksi untuk keluar dari dalam tubuh. Jadi, perbanyak minum air putih agar Anda tidak terserang penyakit.

Infeksi saluran kencing juga lebih sering menyerang perempuan. Hal ini terjadi karena perempuan sering memakai pembalut atau tampon saat sedang haid. Memakai pembalut atau tampon sebenarnya tidak berbahaya. Yang jadi masalah hanyalah ketika perempuan malas mengganti pembalut yang mereka pakai. Hal ini tentunya bisa memicu bakteri untuk berkembang. Oleh karenanya, penting untuk menjaga kebersihan daerah vital terutama saat sedang haid.

Bila Anda sudah terinfeksi penyakit kencing manis atau diabetes, besar kemungkinan Anda akan terserang infeksi saluran kencing juga. Hal ini disebabkan oleh kelebihan gula darah yang dibuang melalui urine. Karenanya, saluran kencing menjadi tempat favorit bakteri untuk berkembang biak. Saluran kencing yang terhambat batu ginjal juga menyebabkan hal yang sama pada saluran kencing.

Nah, setelah tahu berbagai penyebabnya, tentu Anda sudah tahu apa yang harus dihindari agar tidak terinfeksi bakteri yang berbahaya. Mulai sekarang, jangan menahan kencing lagi ya!


Sumber: Detik.com