KEPALA TERASA BERPUTAR KARENA VERTIGO, CARI TAHU YUK!

Pernahkah Anda merasa pusing hingga tidak bisa berdiri tegak? Jika ya, bisa jadi Anda terserang vertigo. Tentunya penyakit yang satu ini sangat mengganggu karena Anda jadi tidak bisa beraktivitas dengan normal. Bahkan, ada kalanya beberapa orang tidak kunjung sembuh meskipun telah diobati. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Berikut ini adalah beberapa fakta tentang vertigo yang tentunya akan membantu Anda untuk memahami penyakit yang satu.

Gangguan Telinga Bagian Dalam

Vertigo atau pusing yang hebat timbul karena berbagai penyebab. Sering pula vertigo dikaitkan dengan gangguan pada telinga bagian dalam. Menurut Gregory Whitman, MD, seorang spesialis otak dan telinga dari Braintree Rehabilitation Hospital, bagian dalam telingan mengandung kalsium dan juga kristal yang terbuat dari protein yang disebut dengan otokonia. Bila kristal tersebut mengalir ke telinga bagian dalam, Anda mungkin akan merasakan sensasi berputar yang sering dikenal sebagai vertigo. Itulah sebabnya penderita vertigo juga harus memperhatikan kesehatan telinga mereka.

Gangguan Aliran Darah

Penyebab vertigo yang lain adalah karena aliran darah yang menjaga keseimbangan tumbuh. Saat tiduran, sistem keseimbangan yang terletak di telinga memerintahkan aliran darah untuk mendeteksi gravitasi. Saat Anda mendadak terbangun dari posisi tidur, sistem keseimbangan pun turut mengatur aliran darah Anda. Apabila proses ini terganggu, Anda akan merasakan pandangan gelap serta vertigo sesaat.

Kekurangan Vitamin B12

Bila Anda tidak merasa ada yang salah dengan telinga namun Anda sering terserang vertigo, bisa saja hal tersebut terjadi karena rendahnya kandungan Vitamin B12 di dalam tubuh. Kekurangan vitamin B12 akan mengakibatkan berbagai masalah neurologis, seperti hilangnya keseimbangan, tekanan darah yang rendah, dan juga kurangnya aliran darah ke otak. Anda bisa meminta dokter untuk memberikan tes darah agar mengetahui tingkat vitamin B12 di dalam tubuh. Jika tubuh Anda memang kekurangan vitamin B12, Anda bisa memenuhinya dengan mengkonsumsi berbagai olahan susu, daging, atau sereal untuk sarapan.

Efek Samping Obat

Selain beberapa hal di atas, rasa pusing yang Anda rasakan juga bisa jadi sebagai efek samping obat yang Anda konsumsi. Banyak jenis obat yang memiliki efek samping seperti pusing atau vertigo bila dikonsumsi dalam dosis yang tinggi. Hal ini sudah semestinya disampaikan oleh apoteker atau dokter yang meresepkan obat tersebut. Jadi, jika memang itu efek samping yang secara alamiah terjadi, Anda tidak perlu menghentikan konsumsi obat yang sudah diresepkan untuk Anda. Bila menurut Anda sakitnya sangat tak tertahankan, ada baiknya Anda menyampaikan keluhan tersebut ke dokter.

Penting juga bagi Anda untuk mengetahui bahwa vertigo atau pusing bisa menjadi indikasi penyakit lain seperti jantung atau dehidrasi. Sering-seringlah memeriksakan kesehatan Anda bila dirasa tubuh dalam kondisi yang tidak fit. Anda juga harus memastikan bahwa Anda tahu apa yang harus dilakukan bila vertigo mulai menyerang. 


Sumber: Everydayhealth.com