KIAT HINDARI SERANGAN JANTUNG NGGAK PAKE RIBET!

Banyak ditemukan kasus dimana orang meninggal mendadak karena serangan jantung. Penyakit jantung memang dikenal sebagai pembunuh no. 1 di seluruh dunia karena banyak orang yang gaya hidupnya kurang sehat. Bahkan, banyak artis maupun pesohor di dunia juga dikabarkan tutup usia karena serangan jantung. Meskipun demikian bukan berarti serangan jantung tidak dapat dihindari. Beberapa perubahan pada pola hidup berikut ini akan sangat membantu Anda untuk menghindari serangan jantung.

Perhatikan Apa yang Anda Makan

Saat makan makanan apapun, mungkin Anda akan menuruti nafsu makan dan memakan apapun yang Anda inginkan. Meskipun saat ini terasa enak, di masa depan Anda akan kerepotan karena semua yang Anda makan hari ini berubah menjadi racun yang merusak tubuh Anda. Oleh karena itu, sejak dari sekarang, biasakan untuk memakan makanan sehat seperti buah, sayuran, dan makanan lain yang tinggi akan omega 3. Penuhi juga kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Biasakan Berpikir Rileks

Dalam keseharian Anda tentunya ada banyak hal yang perlu Anda pikirkan. Namun, bukan berarti semua pikiran tersebut harus memberatkan Anda dalam menjalani hidup. Akan lebih baik jika Anda rileks dan santai dalam menjalaninya. Untuk membantu Anda lebih rileks, Anda bisa mencoba mengambil kelas yogya atau meditasi sehingga segala bentuk emosi yang negatif dapat Anda singkirkan.

Berhenti Merokok

Merokok ternyata dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung lebih tinggi. Selain tidak bagus untuk paru-paru maupun pernapasan Anda, merokok juga dapat merusak organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, bila Anda bukan perokok maka jagalah kebiasaan tersebut. Bila Anda perokok aktif, berhentilah agar hidup Anda lebih sehat.

Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi akan meningkatkan resiko terserang serangan jantung. Agar Anda dapat terhindar dari serangan jantung, Anda harus menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi. Anda bisa melakukannya dengan mengatur level stres, makan dengan pola diet sehat, dan olahraga yang teratur. Beberapa cara tersebut dapat membantu Anda mengatur tekanan darah yang tinggi.

Atur Gula Darah dan Kadar Kolesterol

Kadar gula darah dan kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat berbahaya pada jantung. Lakukan cek rutin untuk memastikan kadar gula darah maupun kolesterol Anda berada pada level yang aman setiap harinya. Level gula darah dan kolesterol yang tepat akan menurunkan bahaya terserang penyakit jantung atau stroke.

Jadwalkan Olahraga Rutin

Tidak diragukan lagi bahwa olahraga adalah cara yang tepat untuk menjaga kebugaran tubuh. Anda bisa rutin berolahraga ke gym, jogging di pagi hari, atau sekedar berenang di akhir pekan. Setiap jenis olahraga yang Anda pilih bila dilakukan dnegan rutin akan sangat membantu untuk melawan penyakit jantung, tekanan darah rendah serta mengatur kadar kolesterol dalam tubuh Anda.  


Sumber: Webmd.com