PENTING! CEK KESEHATAN ANDA DAN PASANGAN SEBELUM MENIKAH

Menikah tentunya adalah momen sakral yang didambakan oleh semua orang, apalagi perempuan. Banyak hal yang harus dipersiapkan seperti gaun pengantin, lokasi, katering, dan masih banyak lagi. Ssst, tapi ternyata yang dibutuhkan sebelum nikah tidak hanya itu lho. Kesehatan calon pengantin juga harus diperhatikan. Sebelum menikah, kedua calon pengantin sebaiknya melakukan cek kesehatan yang bisa membantu untuk mengetahui kondisi kesehatan calon pengantin.

Jenis cek kesehatan yang harus dilakukan oleh calon pengantin ada 4 jenis, yaitu:

1. Cek Penyakit Menular Seksual

Ada banyak jenis penyakit menular seksual yang mungkin menjangkit seseorang seperti gonore, sifilis, bakteri vaginosis, dan juga kutil. Berbagai jenis penyakit tersebut sebaiknya disembuhkan dulu sebelum menikah agar tidak menulari pasangan. Jadi, penting untuk melakukan cek penyakit menular seksual sebelum menikah.

2. Kesuburan

Tentunya setiap pasangan ingin mempunyai anak setelah menikah. Tes kesuburan ini sangat penting untuk mengtahui kesuburan kedua calon pengantin.

3. Tes Genetik

Banyak jenis penyakit yang bisa diturunkan ke anak bila tidak segera diobati. Tes genetik faktanya sangat penting untuk mengetahui berbagai jenis penyakit tersebut, seperti hipertensi, diabetes, atau kanker jenis tertentu. Bila bisa segera diobati, maka di masa depan anak tidak perlu merasakan berbagai penyakit tersebut.

4. Cek Golongan Darah

Rhesus pada darah seseorang bisa sangat berpengaruh pada keturunan. Sebagai contoh, perempuan dengan rhesus negatif bila menikah dengan pria dengan rhesus positif akan berbahaya bagi anak kedua. Imun pada tubuh ibu akan menyerang janin saat hamil. Jadi, harus benar-benar dicek sebelum menikah agar bisa didapatkan solusinya terlebih dulu.


Sumber: Detik.com