TAK INGIN GIGI RUSAK? WAJIB HINDARI MAKANAN INI!

Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Banyak orang yang sering mengucapkan kalimat ini. Padahal, saat sakit gigi, rasanya pun tidak kalah menyakitkan dengan sakit hati. Saat sakit gigi, yang terasa sakit tidak hanya gigi. Kadang, bila sakitnya sudah parah, akan ada gejala lain yang ikut muncul seperti kepala pusing, demam, dan gusi membengkak. Agar tidak terserang sakit gigi, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan gigi. Salah satu caranya adalah dengan menjaga makanan yang Anda makan.

Kerusakan pada gigi dapat terjadi akibat kandungan gula yang terdapat pada makanan yang Anda makan. Ketika Anda memakan makanan yang mengandung gula, air liur akan memproduksi asam yang melawan bakteri yang muncul akibat gula. Asam tersebut mengikis permukaan gigi sehingga menyebabkan kerusakan awal pada gigi. Bila dibiarkan, kerusakan akan semakin parah sehingga gigi bisa terkikis atau bolong.

Ada dua jenis gula yang terdapat pada makanan, bisa yang alami dan bisa juga gula yang ditambahkan. Meskipun makanan yang Anda makan sudah manis secara alami, makanan tersebut masih dapat merusak gigi. Beberapa contoh makanan yang sudah memiliki rasa manis alami adalah madu, buah-buahan, dan susu. Makanan yang tinggi akan gula karena ditambahkan perasa manis adalah kue, biskuit, permen, coklat, selai, sirup, dan masih banyak lagi.

Meskipun kita tidak bisa menghindari gula pada makanan, bukan berarti kita tidak bisa menghindari sakit atau kerusakan pada gigi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit gigi atau kerusakan lainnya pada gigi, yaitu:

  • Periksakan gigi ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali

  • Mengurangi konsumsi makanan yang manis atau mengandung gula

  • Menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi ber-fluoridde

  • Membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi

  • Berkumur dengan cairan pembersih mulut

  • Berhenti merokok dan mengurangi minuman berkafein.

Apabila Anda menerapkan berbagai tips tersebut, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kesehatan gigi Anda. Apabila gigi terasa sakit tak tertahankan, ada baiknya Anda segera mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.


Sumber: NHS.uk