MALAS KENA MATAHARI KARENA TAKUT HITAM? HATI-HATI DAYA TAHAN TUBUH MENURUN

Apakah reaksi Anda bila berjalan di bawah sinar matahari yang terik? Sebagian besar orang lebih memilih untuk berlindung di balik payung atau berteduh di bawah pohon yang rindang saat sinar matahari sedang terik-teriknya. Kebiasaan tersebut dapat dipahami karena sinar matahari yang terik bisa terasa membakar di kulit, apalagi kulit orang Indonesia yang cenderung kaya akan pigmen. Berjemur di bawah sinar matahari untuk lima menit saja kulit cepat menghitam.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus selalu menghindari sinar matahari. Manusia ternyata tetap membutuhkan paparan sinar matahari setidaknya 5-15 menit per hari. Paparan sinar matahari tersebut merupakan sumber vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila kulit tidak terkena sinar matahari, tubuh bisa kekurangan vitamin D. Berikut ini adalah tanda-tanda ketika tubuh Anda kekurangan vitamin D.

Mudah Sakit

Vitamin D dalam tubuh sangat diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh. Dengan adanya vitamin D, tubuh sangat terbantu dalam melawan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Bila tubuh kekurangan vitamin D, kemungkinan besar sistem imunnya akan menurun sehingga lebih gampang sakit. Oleh karena itu, mendapatkan paparan sinar matahari akan sangat membantu untuk menguatkan sistem imun.

Sendi, Tulang dan Otot Nyeri

Kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan gangguan pada persendian. Saat cuaca dingin, terkadang tulang, otot, dan sendi terasa nyeri. Jika Anda merasakan hal tersebut, bisa dipastikan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin D. VItamin D berperan untuk penyerapan kalsium dan metabolisme tulang. Bila terasa nyeri, artinya jaringan tulang tidak dimineralisasi secara sempurna yang berakibat pelunakan dan pelemahan tulang.

Susah Tidur Lelap

Menurut Journal of Clinical Sleep Medicine, ada penelitian yang menemukan bahwa rasa kantuk yang dirasakan seseorang pada siang hari disebabkan kurangnya kadar vitamin D dalam tubuh. Jadi, jika Anda merasa cepat mengantuk, akan lebih baik bila Anda menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari agar asupan vitamin D dapat terpenuhi.

Keringat Terus Bercucuran

Tanpa Anda sadari, keringat Anda terus bercucuran meskipun Anda sedang tidak kepanasan atau tidak sedang berolahraga. Bila hal ini terjadi pada Anda, besar kemungkinan tubuh Anda tidak mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Ada baiknya segera periksa ke dokter karena bisa jadi merupakan gejala penyakit lainnya.

Mudah Lelah

 Bila seharian penuh Anda bekerja di dalam ruangan, Anda akan merasa sangat lelah meskipun Anda mungkin hanya duduk saja. Banyak orang yang merasakan hal tersebut namun mereka hanya mengabaikannya saja. Padahal, faktanya hal ini dapat terjadi karena Anda kekurangan vitamin D yang memadai dari sinar matahari.