INGIN ASI MELIMPAH? IBU DAPAT LAKUKAN 6 TRIK INI

Memberikan ASI eksklusif pada buah hati tentu adalah impian setiap ibu. ASI eksklusif diberikan pada 6 bulan pertama sejak bayi lahir. Meskipun bekerja, ibu tetap bisa memanggil perawat bayi ke rumah untuk memberikan ASI yang sudah diperah sebelumnya. Namun, terkadang ada saja kendala yang membuat ASI tidak keluar dengan lancar. Saat hal ini terjadi, tentu Anda akan merasa sedih karena tidak dapat memberikan yang terbaik untuk si kecil. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mengetahui trik-trik yang dapat membantu untuk membuat produksi ASI melimpah. Berikut ini beberapa trik yang bisa dicoba.

Relaktasi

Proses relaktasi adalah upaya yang dapat dilakukan oleh ibu untuk mengembalikan suplai ASI. Dengan mengosongkan payudara, suplai ASI akan kembali terisi penuh. Hal ini bisa dilakukan dengan menyusui bayi secara langsung. Sebaiknya relaktasi dilakukan setiap 2 jam sekali agar produksi ASI tetap terjaga.

Minum Air Putih

Kekurangan air putih juga dapat mempengaruhi produksi ASI. Air putih adalah bahan baku untuk memproduksi ASI. Jadi, wajar bila seorang ibu merasa sangat haus setelah menyusui. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk minum banyak air putih selama masa menyusui.

Istirahat Cukup

Terkadang ibu kekurangan istirahat karena harus bangun tengah malam dan mengerjakan berbagai pekerjaan. Nah, ini juga menjadi salah satu penyebab berkurangnya produksi ASI. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencuri waktu agar memperoleh istirahat yang cukup.

Konsumsi Suplemen

Ada berbagai jenis suplemen yang dapat meningkatkan produksi ASI. Saat kontrol ke dokter, sebaiknya konsultasikan jenis suplemen yang dapat Anda konsumsi agar produksi ASI tidak terhambat.

Skin to Skin

Sering melakukan kontak fisik dengan bayi juga dapat meningkatkan produksi ASI. Karena adanya ikatan antara ibu dan bayi, hormon untuk memproduksi ASI pun dapat merespon dengan baik saat ibu menggendong atau melakukan kontak skin to skin dengan bayinya. Dengan demikian, produksi ASI pun dapat melimpah.

Pijat Bayi

Mungkin sebagian ibu merasa takut untuk memijat bayi. Padahal, bila dipelajari dengan benar, kegiatan ini dapat semakin menguatkan ikatan antara ibu dan bayi. Dengan demikian, hormon produksi ASI pun juga dapat bekerja dengan lancar.


Sumber: Liputan6.com