AWAS! MICROSLEEP JADI ANCAMAN SAAT MUDIK DENGAN KENDARAAN PRIBADI!

Salah satu hal yang paling rawan terjadi saat perjalanan mudik dengan menaiki kendaraan pribadi adalah terjadinya microsleep. Mungkin saat ini Anda sedang dalam perjalanan mudik menuju kampung halaman. Bagi mereka yang tidak kebagian tiket kendaraan umum, mereka terpaksa menggunakan kendaraan pribadi agar lekas sampai ke kampung halaman. Bila Anda menyetir sendiri kendaraan Anda, penting untuk tahu bahwa salah satu hal yang harus diwaspadai adalah microsleep.

Kelelahan akibat menyetir dalam jangka waktu yang lama memang memungkinkan Anda untuk merasa mengantuk. Namun, untuk menghemat waktu terkadang Anda mungkin tetap memaksakan diri untuk menyetir. Akibatnya, akan terjadi microsleep, yaitu ketika Anda tak sengaja tertidur hanya dalam hitungan detik. Microsleep tentu berbahaya bagi yang sedang menyetir karena bisa saja kendaraan menjadi melenceng dari jalur dan mengakibatkan kecelakaan. Oleh karena itu, dr. Andreas Prasadja dari RS Mitra Kemayoran menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari microsleep.

Saat sedang menyetir dan merasa bahwa kepala mulai menyandar pada headrest, menguap, dan badan terasa lelah, itulah tanda-tanda saat Anda mengalami microsleep. Microsleep terjadi bukan karena kekurangan oksigen namun karena otak memang sudah lelah. Bila hal ini terjadi, minuman berkafein pun tidak akan membantu Anda untuk terjaga. Yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh adalah istirahat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berhenti dan beristirahat di rest area selama 20 menit. 20 menit sudah cukup bagi Anda untuk memulihkan kesadaran otak. Dengan demikian, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan aman dan nyaman.


Sumber: Detik.com