5 MANFAAT AKTIVITAS FISIK UNTUK KESEHATAN, PENTING DILAKUKAN SETELAH LEBARAN

Menikmati momen lebaran dan liburan dengan banyak konsumsi makanan yang bermacam-macam tentu sangat diperbolehkan. Namun, Sobat Sehat jangan sampai lupa untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga untuk mengimbanginya. Sebab, meninggalkan manfaat aktivitas fisik untuk kesehatan ini bisa merugikan diri sendiri, baik untuk sekarang dan masa depan.

Bukan menjadi rahasia yang umum lagi kalau saat lebaran masyarakat Indonesia pasti merayakannya dengan menyiapkan banyak menu makanan. Tidak hanya itu saja, biasanya makanan-makanan ini mengandung tinggi kolesterol dan gula karena berbahan dasar santan, seperti opor ayam, rendang, gudeg, dan lain sebagainya.

Manfaat Aktivitas Fisik untuk Kesehatan

Dalam mengonsumsi camilan dan makanan khas lebaran umumnya Sobat Sehat perlu mengimbanginya dengan aktivitas fisik ringan. Sebab, setiap kalori yang masuk lewat makanan, maka harus dikeluarkan juga dengan cara aktivitas fisik atau olahraga.

Selain itu, kalori yang tersimpan terlalu lama di dalam tubuh ini bisa membahayakan kesehatan secara keseluruhan, lho. Olahraga ringan yang bisa Sobat Sehat lakukan selama lebaran atau liburan ini bisa bermacam-macam, mulai dari lari, bersepeda, jogging, senam lantai, skipping, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, olahraga sangat baik untuk kesehatan karena terdapat manfaat aktivitas fisik yang harus Sobat Sehat ketahui:

Mengendalikan Berat Badan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aktivitas fisik bertujuan untuk menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk dan jumlah kalori yang keluar. Otot tubuh lebih berperan aktif dalam proses metabolisme tubuh daripada pengurangan lemak.

Jadi, kalau massa otot tiba-tiba berkurang, maka metabolisme tubuh akan semakin lambat. Oleh karena itu, aktivitas fisik ini sangat berperan penting dalam menurunkan atau mengendalikan berat badan. Dengan berolahraga, kalori akan terbakar sedikit demi sedikit.

Mengendalikan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Olahraga juga berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga bisa menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Nah, salah satu manfaat aktivitas fisik ini bisa membantu dalam mengurangi jumlah LDL yang ada di dalam aliran darah. Kok bisa? Aktivitas fisik dapat meningkatkan detak jantung, memperkuat otot jantung, dan meningkatkan sirkulasi darah yang bisa membantu dalam mengangkut kolesterol berlebih untuk dikeluarkan dari tubuh.

Menjauhkan dari Berbagai Penyakit

Berdasarkan sebuah studi dalam Wiley Journal, aktivitas fisik bisa meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit. Ketika Sobat Sehat menggerakkan tubuh, ini akan memicu proses metabolisme tubuh sehingga sirkulasi darah jadi lebih lancar.

Alhasil, tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Tidak hanya penyakit yang terjadi pada biasanya, olahraga juga bisa mencegah penyakit kronis, mencegah penuaan, dan resistensi insulin.

Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat aktivitas fisik yang selanjutnya adalah bisa memperbaiki postur tubuh karena bisa meningkatkan fleksibilitas dan otot menjadi tidak kaku. Melalui olahraga ini, Anda bisa membentuk postur tubuh agar lebih sehat sehingga akan terlihat ideal. Journal of Physical Therapy Science mengatakan postur tubuh yang tepat bisa menurunkan risiko nyeri punggung, bahu, dan persendian.

Mengurangi Rasa Stres

Melakukan olahraga yang disukai ternyata juga bisa mengurangi rasa stres, suntuk, dan kecemasan. Sebab, aktivitas fisik seperti olahraga ini dapat memicu pengeluaran hormon endorphin. Fungsi dari dari hormon endorfin sendiri untuk membantu mengurangi rasa sakit dan menimbulkan perasaan senang serta nyaman.

Itu dia beberapa manfaat aktivitas fisik yang perlu dilakukan setelah menikmati momen-momen lebaran bersama keluarga dan makanan lezat. Selama lebaran dan liburan ini Sobat Sehat perlu berhati-hati dengan kadar kolesterol dan gula karena mudah naik dengan kebiasaan makan yang berubah lagi.

Salah satu cara untuk memonitornya adalah dengan cek rutin kadar kolesterol atau cek gula darah yang bisa dilakukan di Apotek K-24 terdekat. Jadi, yuk selalu jaga kesehatan setiap hari bersama Apotek K-24!