5 MENU LEBARAN SEDERHANA TAPI MEWAH YANG WAJIB ADA DI MEJA MAKAN

Hari Raya Idul Fitri ternyata hanya tinggal menghitung hari, yang artinya banyak orang akan merayakan lebaran dengan berbagai menu lebaran sederhana tapi mewah. Momen lebaran memang menjadi perayaan yang ditunggu-tunggu sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain banyak tersedia makanan lezat, Sobat Sehat biasanya akan berkumpul dengan keluarga besar.

Merayakan lebaran tanpa bersilaturahmi dan makanan khas lebaran agaknya akan terasa ada yang kurang. Jadi, tak heran kalau akan ada banyak makanan yang tersaji selama lebaran berlangsung. Nah, kalau Sobat Sehat masih bingung ingin memasak apa, ini terdapat beberapa rekomendasi menu lebaran yang harus ada di meja makan.

5 Menu Lebaran Sederhana tapi Mewah

Lebaran biasanya identik dengan dengan berkumpul di rumah saudara untuk bersilaturahmi. Selain itu, momen ini juga disertai sambil mencicipi makanan khas lebaran sembari mengobrol bersama. Berikut beberapa makanan khas lebaran yang biasanya ada di meja makan:

Opor Ayam

Ayam berkuah santan yang berwarna kuning alias opor ayam menjadi makanan untuk merayakan lebaran yang sangat khas. Masakan opor ayam ini menggunakan bumbu rempah yang mudah didapatkan di pasaran, baik pasar modern atau pasar tradisional.

Oh iya, merebus ayam dalam waktu lama merupakan kunci utama agar daging lebih empuk dan opor pun menjadi lebih nikmat untuk dimakan. Selain itu, kuah santan yang berwarna kuning adalah ciri khas opor ayam.

Rendang

Menu lebaran sederhana tapi mewah yang selanjutnya adalah rendang daging. Selain menjadi makanan terenak nomor 1 di dunia, rendang juga jadi salah satu makanan khas lebaran. Ada dua jenis dari rendang, yaitu rendang kering dan rendang basah. Rendang sendiri memiliki cita rasa yang gurih dan pedas karena kaya akan rempah-rempah.

Sambal Goreng Ati

Sebagian besar orang Indonesia pasti menyukai makanan yang pedas dan gurih rasanya. Oleh karena itu, sambal goreng ati menjadi salah satu menu lebaran sederhana tapi mewah yang selanjutnya. Kombinasi antara kentang, ati, santan, dan sambal ini sangat cocok kalau dipadupadankan dengan opor ayam.

Sobat Sehat bisa menggunakan bagian hati sapi atau hati ayam untuk masakan sambal goreng ini, tergantung selera yang diinginkan. Selain itu, Sobat Sehat juga bisa menambahkan bahan lainnya, seperti petai atau kapri.

Lontong Sayur

Makanan khas Betawi ini berupa sayur kuah santang yang isinya berupa lontong, daging ayam, tahu, atau tempe. Bagi masyarakat Betawi, lontong sayur ternyata jadi menu wajib yang harus ada saat merayakan momen lebaran, lho. Rasanya yang gurih membuat lontong sayur menjadi makanan yang banyak digemari dan salah satu makanan terkenal di Indonesia.

Ketupat

Berbagai menu lebaran sederhana tapi mewah di atas akan lebih nikmat kalau Sobat Sehat mengonsumsinya dengan ketupat. Tema lebaran pasti sangat identik dengan ketupat, entah untuk menu makan atau gambar yang merepresentasikannya.

Hal ini karena ketupat memiliki filosofi, di mana ketupat bisa berarti membuka pintu maaf untuk orang lain atau memaafkan sesama. Jadi, jangan lewatkan ketupat ini ya kalau Sobat Sehat akan merayakan momen lebaran bersama keluarga.

Melihat menu lebaran sederhana tapi mewah ini sepertinya sebagian besar didominasi dengan daging dan kuah santan. Meski nikmat untuk dikonsumsi, Sobat Sehat tetap harus berhati-hati, ya, karena bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

Nah, untuk mengantisipasinya Sobat Sehat bisa cek kolesterol saat lebaran atau setelah merayakan lebaran. Sobat Sehat bisa melakukannya di Apotek K-24 terdekat karena Apotek K-24 tetap buka walaupun tanggal merah atau liburan berlangsung.

Dengan memonitor kesehatan tubuh, liburan saat lebaran ini akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Demikian ulasan tentang berbagai menu lebaran sederhana tapi mewah yang perlu disediakan untuk merayakan hari kemenangan. Yuk, jaga kesehatan selama lebaran bersama Apotek K-24!