AWAS! BADAN KURUS JUGA BISA KENA DIABETES

Ada nggak sih yang lapeeer teruuus, makan teruuus, tapi badannya juga kuruuus terus alias tidak bertambah gemuk? Eitsss, jangan senang dulu ya, bisa jadi Anda terserang diabetes lho! Waaah gimana ceritanya tuh?

Mungkin sebagian Sobat Sehat mengalami keadaan di mana badan terasa kurang bertenaga atau merasa kelaparan dan ingin selalu makan. Ternyata hal ini bisa menjadi salah satu tanda diabetes yang jarang disadari lho.

Pada penderita diabetes, terjadi masalah dengan insulin. Insulin adalah hormon alami yang diproduksi oleh pankreas untuk mengubah glukosa menjadi energi dan membantu tubuh menyimpan energi. Namun, bagi penderita diabetes, bisa jadi insulin dalam tubuh jumlahnya kurang, atau efek kerja insulin dalam memasukkan gula ke dalam sel tidak sempurna.

 Karena tidak maksimalnya kerja insulin ini, pemasukan gula dalam sel-sel pun berkurang sehingga asupan energi juga berkurang. Hal inilah yang membuat otak menangkapnya sebagai sinyal kekurangan makanan dan mengirimkan sinyal lapar ke perut. Hal ini lah yang menyebabkan badan terus merasa lapar.

Meskipun demikian, badan penderita diabetes tidak kunjung gemuk dan justru menjadi kurus. Kembali lagi ke sinyal kurang energi yang dihasilkan otak, tubuh pun merespon dengan mengolah zat lain di dalam tubuh untuk diubah menjadi energi seperti lemak dan protein. Itulah mengapa penderita diabetes pun banyak yang kurus.

 Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko diabetes,pastikan untuk memiliki gaya hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan kurangi konsumsi gula.