AWAS! INI TANDANYA KOLESTEROL TUBUH TINGGI YANG JARANG DISADARI

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dan menumpuk di dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pada aliran darah. Sayangnya, seringkali kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala. Akibatnya, tak sedikit orang yang sadar sampai akhirnya muncul komplikasi serius seperti penyakit jantung hingga stroke.

Melakukan tes darah secara rutin perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kolesterol dalam tubuh. Menurut The American Heart Association, seseorang sebaiknya memeriksa kadar kolesterol darah tiap 5 tahun sekali setelah berusia 20 tahun. Namun jika kadar kolesterol melebihi 200mg/dL, maka cek kolesterol sebaiknya dilakukan tiap 3 bulan hingga kadarnya normal kembali. Selanjutnya, jika kadar kolesterol telah normal kembali, cek kolesterol bisa dilakukan satu kali dalam setahun.

Pemeriksaan kolesterol dalam darah sebaiknya dilakukan apabila Anda memiliki kondisi kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, diabetes, atau memiliki penyakit lainnya yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol.

Untuk mengetahui apakah kadar kolesterol dalam darah sedang tinggi atau tidak memang hanya bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan. Namun ada beberapa gejala khas yang mungkin muncul saat Anda mengalami peningkatan kadar kolesterol. Yuk simak infonya lebih lanjut!

Sakit Kepala

Sakit kepala di bagian belakang merupakan salah satu gejala yang khas sebagai tanda kolesterol naik. Rasa sakit pada kepala ini dapat terasa sangat mengganggu dan terasa berat. Namun akan membaik setelah kadar kolesterol yang semula tinggi menjadi mereda.

Nyeri di Dada

Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan gejala berupa rasa sakit alias nyeri dada pada bagian depan. Biasanya, nyeri pada dada ini akan terasa lebih menyiksa jika kolesterol naik bersamaan dengan stress yang berlebihan. 

Pencernaan yang Terganggu

Rupanya, kolesterol tinggi juga bisa mengacaukan sistem pencernaan. Tak hanya itu, kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan ketidakseimbangan empedu dan dapat menyebabkan munculnya batu empedu. 

Jaga kesehatan selalu ya Sobat Sehat!

Jika kadar kolesterol sudah tinggi, sebaiknya Anda mengubah pola hidup agar terhindar dari risiko penyakit. Selain itu, hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan rutin cek kondisi kesehatan tubuh.

Apotek K-24 juga bisa melayani cek kesehatan lho. Cek apa saja ya yang bisa dilakukan di Apotek K-24? Yuk tanyakan langsung ke gerai terdekat di areamu. Klik link berikut ya!

 

Source: dikutip dari berbagai sumber