MENJAGA KESEHATAN MENTAL SAAT PANDEMI ITU PENTING, BAGAIMANA CARANYA?

Pandemi virus corona sudah berlangsung lebih dari satu tahun bahkan masih belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. Adanya pandemi ini tidak hanya mengancam kesehatan fisik namun juga kesehatan mental.

Adanya informasi yang simpang siur mengenai pandemi ini pun turut membuat orang-orang merasa stress. Ditambah lagi dengan beban pikiran mengenai cara untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mengingat pandemi ini membuat sebagian besar orang kehilangan mata pencahariannya.

Bagi beberapa orang, kondisi tersebut bisa menjadi suatu tekanan yang berat. Bahkan hal tersebut juga bisa berdampak negatif pada kesehatan mental jika tidak dikendalikan. Tekanan psikologis selama pandemi ini tentunya bisa membuat kesehatan secara fisik menurun. Padahal, selama pandemi ini kita harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi ini?

  1. Menjaga Komunikasi dengan Orang Terdekat

Menjaga jarak bukan berarti memutus hubungan dengan orang terdekat. Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga atau sahabat melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Ceritakan kekhawatiran atau kemasan yang Anda rasakan agar beban atau tekanan yang dialami bisa berkurang. Dengan cara ini Anda akan merasa lebih tenang.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik

Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang bisa meredakan stress, memperbaiki suasana hati, juga mengurangi rasa khawatir. 

Lakukan berbagai olahraga ringan seperti lari kecil atau melompat di tempat saat menjalani karantina mandiri di rumah. Selain itu, latihan peregangan dan pernafasan juga bisa membantu Anda menenangkan diri. Jangan lupa untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi ya!

  1. Lebih Bijak Memilih Informasi

Seringkali informasi yang kita dapatkan soal perkembangan virus corona di masa pandemi ini membuat cemas. Sebaiknya batasi waktu Anda untuk membaca atau menonton berita mengenai pandemi ini untuk mengurangi rasa cemas.

Meski begitu, jangan menutup diri sepenuhnya dari informasi yang penting ya Sobat Sehat. Pilih sumber informasi mengenai pandemi virus corna dari sumber yang terpercaya.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Secara tidak langsung, asupan nutrisi yang cukup juga bisa menjaga kesehatan mental Anda. Karenanya cukupi kebutuhan nutrisi harian dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. 

Selain itu jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan harian air agar tidak kekurangan cairan tubuh. Setiap orang dewasa memerlukan setidaknya 8 gelas air atau setara dengan 2 liter air per hari.

  1. Lakukan Pola Hidup Sehat

Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol karena hal ini bisa mengganggu kesehatan fisik maupun mental. Selain itu, jangan lupa untuk tidur dan istirahat dengan cukup ya. Terlalu sering begadang akan membuat Anda mudah mengalami kecemasan dan membuat mood tidak stabil.

  1. Lakukan Hal-hal yang Anda Sukai

Untuk menghilangkan rasa jenuh selama menjalani karantina mandiri di rumah, Anda bisa melakukan aktivitas yang Anda sukai. Misalnya seperti memasak, membaca buku, menonton film, dan lain sebagainya. Selain bisa memperbaiki suasana hati, melakukan kegiatan yang Anda sukai bisa  meningkatkan produktivitas dan menghilangkan rasa bosan.

Rasa cemas dan takut sangatlah wajar dirasakan selama masa pandemi berlangsung. Cobalah untuk selalu berpikir positif dan bersyukur untuk menghadapinya. Namun jika ketakutan yang Anda alami terasa sangat berat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi yang terjadi.




Source:

Dikutip dari berbagai sumber