DIFERMENTASI DENGAN JAMUR, APAKAH KOMBUCHA AMAN DIKONSUMSI?

Sobat Sehat pernah mendengar teh kombucha sebelumnya? Teh kombucha merupakan teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian diberi beberapa mikroba seperti bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi, Saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomyces bailii, dan Candida sp.

Waktu yang diperlukan untuk membuat teh fermentasi ini adalah sekitar 8 hingga 12 hari dengan suhu 18 hingga 2 derajat celcius. Suhu dan lamanya fermentasi akan berpengaruh pada kualitas teh, kandungan, dan rasa.

Karena proses fermentasi inilah teh kombucha memiliki berbagai zat seperti asam asetat, folat, vitamin B, asam amino esensial, vitamin C, dan alkohol.

Beberapa orang mengatakan jika teh kombucha memiliki berbagai manfaat.  Misalnya untuk pencernaan dan untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap binatang, teh kombucha memiliki berbagai dampak bagi kesehatan, yakni sebagai antioksidan, antibakteri, hingga memperbaiki daya tahan tubuh juga mampu menurunkan tekanan darah.

Apakah mengkonsumsi teh kombucha juga memiliki dampak negatif?

Meskipun beberapa orang mengatakan jika kombucha berdampak baik bagi kesehatan, namun ternyata mengkonsumsi teh kombucha juga bisa menimbulkan dampak yang kurang baik untuk tubuh. Misalnya seperti membuat sakit perut untuk orang yang mengkonsumsinya, infeksi, juga alergi.

Konsumsi teh kombucha puh harus diperhatikan dan diawasi untuk penderita penyakit tertentu seperti diabetes dan sindrom iritasi usus. Sebab, pada penderita diabetes, mengkonsumsi teh kombucha bisa mempengaruhi hila darah juga menyebabkan penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

Teh kombucha pun tidak cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami diare. Sebab, teh ini mengandung kafein yang cukup tinggi dan dikhawatirkan bisa memperparah gejala yang ada.

Lalu, bagaimana sebaiknya mengkonsumsi teh kombucha yang aman?

Meskipun terdapat beberapa penelitian yang membuktikan manfaat kombucha bagi tubuh, namun tak ada salahnya untuk memperhatikan kebersihan serta kualitas kombucha yang Anda konsumsi. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari dampak buruk seperti keracunan atau infeksi akibat bakteri.

Sejatinya masih diperlukan penelitian ilmiah lebih lanjut untuk membuktikan manfaat mengkonsumsi teh kombucha bagi kesehatan. Apakah Sobat Sehat tertarik mengkonsumsi teh fermentasi ini?

Source:

 

Dilansir dari berbagai sumber