WAJIB TAHU! KEBIASAAN INI BISA BIKIN WAJAH CEPAT TUA

Bertambahnya usia tentunya dapat membuat elastisitas kulit menurun. Karenanya, sangat wajar jika wajah juga akan mengalami proses penuaan.

Namun rasanya tidak ada orang yang ingin terlihat lebih tua dari usianya karena permasalahan kulit yang dimiliki. Apakah Anda juga termasuk salah satunya?

Tanpa disadari, ternyata ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat kulit wajah kita terlihat jauh lebih tua lho. Apa saja ya? Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang bisa Anda hindari, yuk kita simak!

Stress

Saat sedang stress tubuh melepaskan hormon kortisol yang mengakibatkan kolagen pada kulit berkurang drastis, termasuk pada kulit wajah. Kolagen ini bertugas menjaga kesehatan kulit, termasuk elastisitas dan kecerahan kulit wajah. Karenanya, Anda pun bisa terlihat lebih tua.

 Jika Anda mengalami stress sebaiknya cari tahu penyebabnya ya Sobat Sehat agar bisa diatasi sesegera mungkin. Melakukan meditasi atau mendengarkan musik mungkin bisa membantu Anda lebih menenangkan diri dan mencegah datangnya stress.

Pola Makan yang Sembarangan

Makanan yang Anda konsumsi juga mempengaruhi kesehatan kulit lho. Tidak hanya gorengan, daging, atau fast food, namun minuman kekinian yang tinggi akan gula juga bisa menyebabkan wajah Anda terlihat lebih tua dari sebelumnya. 

Minuman yang tinggi gula bisa merusak kadar kolagen pada kulit. Karenanya, wajah pun akan timbul kerutan, kusam, dan jerawat. Sebaiknya perbanyak minum air putih dan selalu konsumsi makanan sehat yang bergizi.

Tidak Memakai Sunscreen

Hati-hati jika Anda sering tidak memakai sunscreen, apalagi jika sering berada di luar ruangan. Penggunaan sunscreen bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa membuat kulit mengalami penuaan dini seperti flek hitam dan kerutan. Karenanya, sunscreen sangat penting digunakan untuk mencegah paparan sinar ultraviolet matahari.

Anda bisa memilih sunscreen dengan kandungan antioksidan dan proteksi lengkap dari UVA dan UVB untuk melindungi kulit dari rasa terbakar, penuaan dini, hingga kanker kulit.

Konsumsi Alkohol

Saat Anda mengkonsumsi alkohol, hati akan kehilangan kinerjanya sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Padahal jika organ hati tidak bekerja dengan baik, racun menyebar akibat tidak dipecah dengan benar. Kulit pun akan terkena dampaknya dan bisa mengalami berbagai masalah seperti jerawat, keriput, hingga warna kulit tidak merata.

Konsumsi alkohol pun juga bisa menyebabkan Anda dehidrasi karena alkohol memiliki sifat diuretik yang membuat Anda buang air kecil terus menerus. Jika dehidrasi, kulit akan kering, muncul kerutan, bahkan keriput. Anda pun akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Tidur Miring Satu Sisi

Tidur miring satu sisi secara terus menerus bisa menekan kulit secara berlebihan sehingga memicu munculnya kerutan pada wajah. Karenanya, tidur terlentang bisa menjadi pilihan untuk menghindari penuaan wajah. Selain itu, tidur terlentang juga bisa mengurangi tekanan kepala dan membuat Anda terhindar dari sakit kepala juga menyelaraskan tulang belakang.

Selain menghindari beberapa kebiasaan tersebut, jangan lupa juga untuk selalu merawat kesehatan kulit ya Sobat Sehat. Anda bisa merawat kesehatan kulit dari luar maupun dari dalam. Misalnya dengan memakai berbagai produk perawatan kulit dan melakukan  perawatan dari dalam  seperti olahraga, konsumsi makanan sehat, rajin minum air putih, dan melakukan meditasi.


Source:

Klikdokter.com