SIMAK INI! TIDAK SEMUA OLAHRAGA BISA TINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH LHO

Berbagai penelitian mengungkap jika olahraga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun tidak semua olahraga bisa membantu memelihara imunitas tubuh lho Sobat Sehat. Imunitas tubuh ini sangat penting karena bisa membantu melindungi tubuh dari serangan virus dan penyakit.

Ada beberapa kriteria olahraga yang baik dilakukan untuk menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya seperti frekuensi, konsistensi, durasi, dan jenis olahraga seperti apa yang dilakukan. Berikut ulasannya!

Perhatikan Durasi

Olahraga yang tidak terlalu lama malah tidak baik untuk kekebalan tubuh. Begitu pula sebaliknya, jika berolahraga terlalu sebentar pun juga tidak bisa memacu sistem imun. Menurut rekomendasi dari WHO, olahraga yang optimal adalah dengan durasi hingga 300 menit per minggu atau sekitar 45 menit setiap hari.

Frekuensi Olahraga

Frekuensi merupakan seberapa sering Anda berolahraga setiap minggunya. Rekomendasi dari WHO adalah sebaiknya setiap orang berolahraga setiap hari sekitar 30-45 menit dengan intensitas sedang. Anda juga bisa berolahraga selama lima kali seminggu dengan durasi 30-60 menit dengan intensitas sedang hingga berat.

Jenis Olahraga

Dilansir dari CNN Indonesia, WHO merekomendasikan untuk melakukan olahraga dengan jenis aerobik atau olahraga yang memacu detak jantung. Beberapa penelitian membuktikan jika aerobik baik untuk kesehatan dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Contoh olahraga aerobik misalnya seperti jalan, lari, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan olahraga seperti latihan interval intensitas tinggi atau umum dikenal dengan HIIT (High-Intensity Interval Training). 

Intensitas Olahraga

Intensitas merupakan kekuatan olahraga dalam memacu jantung. Semakin jantung berdetak dengan cepat atau semakin Anda merasa terengah-engah, artinya intensitas yang dilakukan semakin tinggi. Intensitas yang direkomendasikan adalah sedang ke berat. Namun sebaiknya Anda jangan terlalu memaksakan ya Sobat Sehat. Intensitas Anda berolahraga bisa Anda sesuaikan dengan kesanggupan diri.

Jangan Lupa Konsisten!

Konsistensi dalam berolahraga sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh. Olahraga yang dilakukan secara rutin tentunya lebih ampuh untuk memicu sistem imun tubuh daripada olahraga yang dilakukan sesekali.


Olahraga memang bisa membantu memelihara kesehatan. Namun, pastikan untuk melakukannya sesuai dengan kemampuan diri sendiri dan jangan terlalu memaksakan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan ya Sobat Sehat. Selalu cukupi kebutuhan nutrisi Anda dengan makanan yang bergizi dan hindari kebiasaan seperti merokok dan minum alkohol untuk selalu menjaga kesehatan tubuh.



Source:

CNNIndonesia.com