HAL-HAL YANG KATANYA TAK BOLEH DILAKUKAN SAAT MENSTRUASI

Setiap bulan, perempuan harus merasakan haid atau menstruasi yang selalu rutin mengunjungi. Mungkin Anda juga pernah mendengar berbagai mitos tentang menstruasi yang kali ini akan saya jelaskan sehingga Anda tidak perlu mempercayainya lagi.

Mitos pertama, perempuan tidak akan hamil bila berhubungan intim saat menstruasi.

Mitos ini salah ya karena kemungkinan hamil masih tetap ada. Namun, berhubungan intim saat menstruasi sangat tidak disarankan karena kondisi yang tidak higienis sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit kelamin.

Mitos kedua, tak boleh olahraga saat menstruasi.

Olahraga justru disarankan karena dapat meringankan nyeri yang datang saat menstruasi. Tak hanya itu, olahraga juga bisa memperbaiki mood swing yang muncul saat menstruasi datang.

Mitos ketiga, minuman dingin dapat menunda kedatangan menstruasi

Faktanya, kedua hal ini tidak berhubungan ya. Minuman dingin tidak akan menunda atau memperlancar menstruasi karena makanan dan minuman berhubungan dengan sistem pencernaan sementara menstruasi berhubungan dengan sistem reproduksi,

Mitos keempat, tidak boleh mandi air panas saat menstruasi

Air panas justru membantu meredakan kram dan ketegangan otot dan dapat membantu menjaga vulva tetap bersih. Gunakan air tawar panas dan sabun lembut untuk mandi saat menstruasi agar tubuh lebih rileks.

Nah, sudah tahu kan apa saja yang jadi mitos? Mulai sekarang tidak perlu khawatir lagi ya!