KIAT AGAR TAHAN SAKIT SAAT BERPUASA

Bulan Ramadhan merupakan kesempatan untuk umat muslim berlomba-lomba mencari pahala. Selain menahan hawa nafsu seperti lapar dan haus, banyak hal yang dapat dilakukan oleh umat Islam untuk memperoleh pahala. Meskipun demikian, terkadang banyaknya tenaga yang terkuras tidak sepadan dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi terforsir dan mudah jatuh sakit. Jika tak ingin sakit, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar tidak jatuh sakit saat berpuasa.

Tidak Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Kalap saat berbuka puasa adalah salah satu hal yang sering dialami oleh setiap orang. Hal ini tentunya tidak baik untuk Anda karena nantinya perut menjadi penuh dan tidak nyaman. Yang terpenting, makanan yang Anda konsumsi mengandung protein dan karbohidrat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Hindari juga makanan yang tidak menyehatkan seperti gorengan.

Minum Cukup Air

8 gelas air perhari adalah jumlah minimal cairan yang dibutuhkan oleh tubuh agar tidak dehidrasi. Jumlah tersebut dapat dipenuhi di antara waktu berbuka hingga waktu sahur. Dengan demikian, tubuh tidak kekurangan cairan, puasa tetap lancar, tubuh pun menjadi tidak mudah jatuh sakit.

Tidak Melewatkan Sahur

Terlalu mengantuk membuat banyak orang tidak makan sahur dan justru melewatkannya. Hal ini tentu tidak baik karena tubuh memerlukan berbagai asupan gizi agar kuat berpuasa selama 13 jam. Sebaiknya, pastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi ketika sahur dengan makan makanan yang mengandung protein dan serat.

Tidak Melewatkan Olahraga

Meskipun sedang berpuasa, jangan jadikan alasan untuk tidak berolahraga. Namun, yang harus diperhatikan adalah waktunya. Sebaiknya olahraga dilakukan di jam-jam menjelang berbuka puasa, bukan setelah sahur. Hal ini disebabkan tubuh harus menjaga asupan cairan agar tidak dehidrasi. Bila berolahraga di jam menjelang berbuka, maka cairan yang keluar akan segera digantikan saat berbuka.


Sumber: Liputan6.com