PEREMPUAN TIDAK SUBUR, ADA TANDA FISIKNYA?

Banyak perempuan yang merasa khawatir bila mereka tidak subur atau sering disebut juga dengan mandul. Mereka khawatir bila nantinya tidak dapat memberikan keturunan bagi suaminya. Kira-kira bisakah tanda ketidaksuburan dilihat dari fisik? Sebenarnya tidak ada tanda fisik khusus yang dapat mendeteksi apakah seorang perempuan itu mandul atau tidak. Namun, beberapa ciri-ciri berikut ini ternyata bisa menjadi penanda lho.

Berat Badan Kurang

Wanita yang memiliki berat badan sangat rendah entah karena berolahraga terlalu keras atau karena diet, akan mengalami gangguan sistem hormon sehingga ia menjadi tidak subur.

Sakit Saat Menstruasi

Umumnya, menstruasi terjadi dalam siklus tertentu. Namun, bagi perempuan yang mandul siklus menstruasinya tidak menentu, kadang cepat datang, kadang lama sekali. Sekalinya ia menstruasi, rasanya sangat sakit hingga kadang tak tertahankan.

Banyak Rambut Halus

Tanda-tanda perempuan mandul yang ketiga adalah ada banyak rambut yang muncul di tubuh. Hal ini terjadi karena produksi androgen yang sangat tinggi. Rambut halus ini muncul di area yang sama dengan pria, seperti kumis, bulu dada, bulu ketiak, bahkan hingga ke pergelangan tangan. Jika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya segera ditangani ya.

Jerawat Parah

Masalah jerawat adalah pertanda bahwa terjadi masalah hormon yang serius. Ketika Anda berjerawat yang parah, artinya tubuh memproduksi hormon androgen yang merupakan hormon pria. Jadi, kemungkinan seorang perempuan menjadi mandul pun lebih besar.

Bila Anda mengalami beberapa ciri seperti yang saya sebutkan, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Dengan demikian, bisa segera ditemukan solusi untuk masalah yang dihadapi.


Sumber: Doktersehat.com