HUJAN ENAKNYA TIDUR? EH, SEHAT NGGAK YA?

Hujan yang terus menerus menerpa di beberapa wilayah di Indonesia harus diwaspadai. Menurunnya suhu udara menjadikan tubuh mudah kedinginan. Oleh karenanya, saat musim hujan Anda cenderung mudah sakit, apalagi bila Anda sering kehujanan. Sebagai akibatnya, banyak pekerjaan yang terbengkalai karena kondisi tubuh yang menurun. Agar tidak terjadi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap fit meskipun sering kehujanan.

Pilih MInuman Hangat

Saat musim hujan, hindari meminum minuman dingin atau es. Akan lebih baik bila Anda meminum air hangat. Minum air hangat, selain bisa meningkatkan suhu tubuh, juga bisa membantu untuk menetralisir racun dalam tubuh. Dengan meminum banyak air putih, keringat yg keluar juga makin banyak, dengan begitu racun dalam tubuh bisa keluar bersama keringat.

Vitamin untuk Daya Tubuh

Selanjutnya, Anda juga harus meminum vitamin. Daya tahan tubuh harus sangat dijaga apalagi cuaca sedang ekstrim seperti ini. Tubuh tidak memproduksi vitamin, sehingga vitamin harus diperoleh dari sumber luar tubuh seperti sayuran dan buah.

Jangan Pilih Rokok

Rokok sering dipilih beberapa orang untuk menghangatkan tubuh di musim hujan. Prinsip tersebut sebenarnya salah karena meskipun suhu tubuh menjadi hangat, asap rokok justru melemahkan pernapasan Anda. Tentunya Anda tidak ingin kesulitan bernapas.

Segera Mandi Setelah Kehujanan

Sehabis kehujanan, banyak orang yang malas mandi karena kedinginan. Hal ini tentu sangat salah karena kehujanan akan membuat Anda sakit kepala. Oleh karena itu, penting untuk mendinginkan otak dengan mandi dan menyiramkan air ke kepala Anda.

Jaga Kebersihan

Becek dan genangan air banyak bermunculan saat musim hujan. Genangan air tersebut bisa menjadi sarang kuman dan penyakit. Agar Anda tidak terinfeksi, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan. Bila Anda bersih, penyakit tidak akan menyerang.

Hangatkan Tubuh dengan Sup Hangat

Konsumsi makanan berkuah adalah pilihan yang lebih baik bila ingin menghangatkan tubuh. Semangkok sup hangat bisa Anda pilih bila Anda merasa kedinginan. Sayur-sayuran yang ada di dalam sup juga bisa menjadi sumber vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Terakhir, selalu jaga pola tidur Anda. Banyak yang lebih memilih untuk tidur lama saat musim hujan. Meskipun terasa nyaman, hal tersebut tidak dianjurkan. Lebih baik Anda tidur dengan durasi yang cukup agar tubuh bisa selalu bugar.