PENIS KELUAR NANAH? INI DIA BEBERAPA PENYEBAB YANG HARUS DIWASPADAI!

Penis keluar nanah secara tiba-tiba tentu bisa membuat Sobat Sehat panik karena hal tersebut bukanlah hal yang biasa. Selain itu, kondisi tersebut juga menandakan kalau Sobat Sehat sedang mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius. Lalu sebenarnya apa saja penyebab yang membuat penis mengeluarkan nanah? Apakah berhubungan dengan tingkat kesuburan?

Penis adalah organ dalam sistem reproduksi laki-laki yang juga menjadi saluran kemih. Artinya, fungsi utama dari penis adalah untuk mengeluarkan racun melalui cairan urine dan juga air mani yang mengandung sel sperma ketika terangsang. Hal ini tentu saja membuat penis menjadi organ yang penting bagi laki-laki, baik untuk kelangsungan hidup atau melanjutkan keturunan.

Penyebab Penis Keluar Nanah yang Harus Diwaspadai

Dalam keadaan normal, penis tidak akan mengeluarkan cairan nanah selain cairan urine dan air mani. Sebab, nanah akan muncul sebagai respon ketika tubuh berusaha untuk melawan infeksi bakteri atau jamur.

Nanah sendiri sangat mudah dikenali karena berupa cairan kental berwarna putih kental, kuning, kehijauan, atau malah kemerahan karena sudah bercampur darah. Apabila Sobat Sehat sudah mengalami keluarnya nanah dari penis, artinya ada gangguan kesehatan pada penis yang harus segera diperiksakan. Berikut beberapa penyebab yang mungkin terjadi:

Gonore (Kencing Nanah)

Penyakit menular seksual seperti gonore ini bisa menjadi alasan di balik penis keluar nanah, lho. Ini karena gonore disebabkan karena infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Selain keluarnya nanah, gonore juga dapat ditandai dengan rasa perih ketika buang air kecil dan pembengkakan testis.

Kalau tidak segera ditangani dengan baik, gonore dapat menyebabkan ketidaksuburan, lho. Pada umumnya, pengobatan gonore akan melalui pemberian obat melalui suntikan atau pemberian antibiotik oleh dokter.

Balanitis

Penyebab penis mengeluarkan nanah yang selanjutnya adalah penyakit balanitis, sebuah gangguan akibat infeksi bakteri atau jamur yang disertai dengan alergi kulit di sekitar penis. Balanitis sendiri menjadi salah satu risiko kalau Sobat Sehat tidak disunat ketika masih kecil. Gejala dari balanitis adalah keluarnya nanah dari penis, kulit penis menjadi kering, gatal-gatal, nyeri, dan bengkak di sekitar penis.

Klamidia

Sama dengan gonore, klamidia juga menjadi penyebab penis keluar nanah selanjutnya yang masuk dalam kategori penyakit menular seksual. Klamidia sendiri disebabkan karena bakteri Chlamydia trachomatis. Tidak hanya keluar nanah, gejala klamidia lainnya adalah nyeri saat buang air kecil dan nyeri pada organ testis.

Kanker Penis

Meskipun jadi penyakit yang cukup langka, tapi kanker penis bisa saja terjadi, lho. Gejalanya sendiri bermacam-macam, contohnya penis keluar nanah yang disertai bau busuk, muncul benjolan pada penis, luka pada penis tidak sembuh-sembuh, muncul ruam-ruam, perdarahan pada penis, penebalan kulit penis, hingga perubahan warna pada kulit penis atau kulup.

Melihat penjelasan di atas, penis yang mengeluarkan nanah ini cukup berbahaya, ya, karena bisa mempengaruhi tingkat kesuburan. Walau bisa diobati dengan perawatan yang tepat, tapi akan lebih baik kalau Sobat Sehat bisa mencegahnya, contohnya dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Menghindari gonta-ganti pasangan seksual.

  • Gunakan kondom yang ada di Apotek K-24 terdekat setiap kali berhubungan seksual.

  • Selalu jaga kebersihan penis dengan rutin membersihkan penis menggunakan air hangat dan sabun yang berbahan lembut.

Jangan sampai Sobat Sehat menyepelekan masalah penis keluar nanah ini, ya. Kalau Sobat Sehat sudah merasakan beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas, maka segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan sejak dini. Yuk, jaga kesehatan reproduksi bersama Apotek K-24!