5 FUNGSI VITAMIN A YANG PENTING BAGI KESEHATAN TUBUH

Kekurangan vitamin A sangat merugikan kesehatan diri sendiri karena bisa mengurangi salah satu fungsi beberapa organ manusia. Contohnya saja vitamin A yang biasanya dikenal dengan vitamin mata karena perannya yang begitu besar bagi kesehatan mata. Jika demikian, sebenarnya apa saja fungsi vitamin A untuk tubuh manusia yang perlu Sobat Sehat ketahui?

Orang yang kekurangan vitamin A biasanya akan mengalami gangguan kesehatan, seperti gangguan penglihatan, kulit menjadi kering, daya tahan tubuh menurun, hingga mengganggu pertumbuhan janin. Bahkan, pada kondisi serius, kekurangan vitamin A dapat memicu penyakit kanker, lho. Jadi, jangan sampai menyepelekan asupan vitamin A setiap hari.

Fungsi Vitamin A

Kebutuhan vitamin A bagi setiap orang sebenarnya berbeda-beda, tergantung usia dan jenis kelamin. Namun, bagi orang dewasa biasanya membutuhkan 600-650 IU vitamin A. Walau kecil jumlahnya tapi vitamin A sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh, lho.

Pada dasarnya, vitamin A terdiri dari dua jenis, yaitu retinoid yang berasal dari produk hewani dan karotenoid yang berasal dari buah atau sayuran. Keduanya tentu sama-sama memiliki manfaat yang perlu dipenuhi setiap hari, contohnya:

Menjaga Kesehatan Mata

Meningkatkan dan menjaga kesehatan mata merupakan fungsi vitamin A yang sudah diketahui banyak orang. Dalam organ mata, vitamin A sangat berguna untuk mengubah cahaya yang ditangkap menjadi sinyal yang nantinya akan dikirimkan ke otak.

Selain itu, vitamin A juga menjadi nutrisi yang penting untuk melindungi mata dari kerusakan sel, menurunkan risiko penyakit mata, dan menjaga agar penglihatan tetap tajam. Artinya, dengan memenuhi vitamin A, Sobat Sehat bisa terhindar dari rabun senja dan macula yang terkait usia.

Menunjang Pertumbuhan Janin

Ingin pertumbuhan janin dalam perut berkembang secara optimal? Maka Sobat Sehat sebagai ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan vitamin A setiap hari. Tidak hanya itu saja, vitamin A juga penting dalam menjaga sistem imun ibu sehingga akan jarang sakit selama hamil. Namun, untuk memenuhi kebutuhannya sebaiknya vitamin A dikonsumsi dari makanan, ya.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Fungsi vitamin A yang selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Kok bisa? Vitamin A dapat memperkuat sistem imun tubuh karena nutrisi ini bisa membantu dalam mengoptimalkan fungsi darah putih.

Seperti yang Sobat Sehat tahu, sel darah putih dalam tubuh memiliki peran penting dalam melawan bakteri atau virus yang membawa penyakit. Selain itu, vitamin A juga bisa melancarkan sistem pencernaan sehingga penyerapan nutrisi dalam tubuh dapat bekerja secara ideal.

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Vitamin A ternyata menjadi nutrisi yang penting dalam perkembangan sperma dan sel telur. Jadi, tak heran kalau fungsi vitamin A yang selanjutnya ini dapat menjaga dan meningkatkan kesuburan kaum perempuan dan laki-laki.

Meski begitu, agar vitamin A ini dapat berfungsi dengan baik, Sobat Sehat tetap harus memenuhi nutrisi vitamin B kompleks, vitamin C, dan jenis-jenis mineral lainnya seperti zat besi, selenium, dan lain sebagainya.

Memperlambat Penuaan Dini

Salah satu manfaat vitamin A yang selanjutnya adalah bisa membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A memiliki sifat antioksidan sehingga ini berfungsi dalam memperlambat penuaan sel kulit. Alhasil, dengan memenuhi vitamin A Sobat Sehat bisa memiliki kulit yang segar dan sehat.

Ini karena vitamin A bekerja dengan cara menjaga kadar keratin yang berperan dalam melindungi kulit. Tidak hanya itu saja, vitamin A juga mencegah terjadinya kerusakan kolagen sehingga kulit tetap kencang dan elastis.

Melihat berbagai fungsi vitamin A di atas agaknya memenuhi nutrisi ini menjadi sebuah kewajiban, ya. Nah, untuk memenuhi kebutuhan ini, Sobat Sehat bisa makan makanan bergizi seimbang atau multivitamin di Apotek K-24, lho. Yuk, selalu penuhi nutrisi setiap hari bersama Apotek K-24!