VITAMIN D UNTUK APA? JANGAN LUPAKAN MANFAAT VITAMIN D BAGI TUBUH

Manfaat vitamin D kadang kala masih banyak yang menyepelekannya karena kalah populer dengan jenis vitamin lainnya. Padahal keberadaan vitamin D ini juga sangat penting bagi keberlangsungan hidup Sobat Sehat, lho. Lalu sebenarnya vitamin D untuk apa dan mengapa Sobat Sehat harus memenuhi kebutuhannya setiap hari?

Pada umumnya, seseorang membutuhkan vitamin D sebanyak 600 IU setiap hari. Kebutuhan ini harus dipenuhi karena ketika kekurangan vitamin D, Sobat Sehat bisa mengalami berbagai masalah kesehatan. Salah satu masalah yang sering terjadi ketika kekurangan vitamin D adalah mudah terkena rakitis, gangguan tinggi badan, mudah lelah, hingga kelemahan pada otot jantung.

Vitamin D untuk Apa?

Sobat Sehat tahu tidak kalau vitamin D sering juga disebut dengan vitamin matahari. Ini bukan karena sinar matahari memberikan vitamin D, ya tapi karena vitamin D dalam tubuh memerlukan bantuan sinar matahari agar bisa aktif secara alami.

Tubuh manusia ternyata menyimpan banyak pro vitamin D di bawah kulit. Nah, ketika pro vitamin D ini terkena sinar matahari, maka vitamin D akan berubah menjadi vitamin D3 yang kemudian akan diolah oleh ginjal dan hati.

Oleh karena itu, Sobat Sehat disarankan untuk berjemur selama 15 menit setiap hari. Namun, sebenarnya vitamin D untuk apa?

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat vitamin D yang pertama adalah bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ketika kebutuhan vitamin D terpenuhi, maka Sobat Sehat bisa terhindar dari rapuhnya tulang sejak dini, ini biasanya disebut dengan penyakit osteoporosis pada orang lansia. Selain itu, vitamin D juga berfungsi untuk merangsang usus dalam menyerap kalsium sehingga tulang bisa tetap padat.

Mengurangi Risiko Keadaan Depresi

Kalau Sobat Sehat sedang mengalami depresi, maka sebaiknya banyak-banyak konsumsi vitamin D. Sebab, manfaat vitamin D yang selanjutnya adalah bisa membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan tidak cemas. Bahkan, sebuah penelitian juga sudah membuktikan kalau seseorang yang kekurangan vitamin D lebih mudah terkena kecemasan dan depresi.

Mencegah Penyakit Diabetes

Vitamin D untuk apa selanjutnya? Dengan memenuhi vitamin D setiap hari, Sobat Sehat ternyata dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes, lho, baik diabetes tipe 1 atau tipe 2. Ini karena vitamin D cukup berperan penting dalam menjaga keseimbangan gula darah dan fungsi pankreas.

Selain itu, vitamin D juga bisa mengurangi nafsu makan sehingga asupan gula pun bisa berkurang sedikit-sedikit. Jadi, tidak hanya meminimalisir penyakit diabetes, makanan yang mengandung vitamin D juga cocok untuk Sobat Sehat yang menjalankan program diet.

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Menurut para ahli kesehatan yang ada, mengurangi risiko beberapa penyakit kanker bisa menjadi jawaban dari pertanyaan vitamin D untuk apa. Manfaat vitamin D yang satu ini tidak untuk semua jenis kanker, ya, hanya untuk kanker payudara, kanker prostat, dan kanker hati. Selain itu, penderita kanker juga bisa mengurangi risiko kematian jika mencukupi kebutuhan vitamin D setiap hari.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Pada beberapa keadaan, kehamilan memunculkan risiko kelahiran prematur dan kondisi preeklamsia. Nah, peluang keadaan ini dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin D secara seimbang. Sebab, vitamin D juga berperan penting dalam menjaga kesehatan janin dan mencegah komplikasi kehamilan seperti kelahiran prematur.

Melihat penjelasan vitamin D untuk apa di atas, memenuhi kebutuhan vitamin D agaknya sangat penting bagi Sobat Sehat, baik yang perempuan atau laki-laki. Sama seperti vitamin B kompleks dan vitamin C, manfaat vitamin D ini sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari.

Oleh karenanya, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D setiap hari, seperti kuning telur, susu sapi, oatmeal, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan lain sebagainya. Kebutuhan vitamin D ini juga bisa dipenuhi dengan minum multivitamin atau vitamin D tambahan yang ada di Apotek K-24 terdekat.

Produk-produk vitamin D di Apotek K-24 ini tentu sangat aman untuk dikonsumsi tapi lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan apoteker atau dokter Sobat Sehat, ya. Demikian ulasan tentang vitamin D untuk apa, semoga bermanfaat. Yuk, jaga kesehatan setiap hari bersama Apotek K-24!