2 CARA BELI ANTIBIOTIK DI APOTEK, SIAPKAN RESEP DOKTER DULU!

Penggunaan antibiotik untuk melawan infeksi bakteri memang dibutuhkan dan terbukti efektif. Kendati demikian, Sobat Sehat tidak bisa memakai antibiotik sembarangan, contohnya menggunakannya untuk mengatasi batuk pilek atau penyakit lainnya. Sebab, dalam membeli dan menggunakannya, antibiotik memiliki aturannya sendiri. Lalu bagaimana cara beli antibiotik di apotek agar terjamin keamanannya?

Antibiotik adalah salah satu jenis obat yang fungsinya untuk mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Jadi, tidak semua gangguan kesehatan bisa ditangani dengan antibiotik. Salah menggunakan antibiotik saja bisa meningkatkan risiko infeksi bakteri semakin memburuk. Permasalahan ini dinamakan dengan resistensi antibiotik, suatu masalah kesehatan global yang memerlukan perhatian khusus.

Cara Beli Antibiotik di Apotek K-24

Penggunaan antibiotik bukan tanpa risiko. Bahkan, risiko ini akan meningkat kalau dikonsumsi dengan sembarangan hingga terjadi resistensi antibiotik, di mana bakteri tidak lagi merespon aktif terhadap efek antibiotik. Akibatnya, bakteri tidak terbunuh sama sekali dengan antibiotik.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, banyak masyarakat yang belum paham dengan pasti penggunaan dan pembelian antibiotik yang tepat. Jadi, tak heran kalau resistensi antibiotik ini menjadi permasalahan dunia kesehatan secara global.

Sobat Sehat harus tahu kalau antibiotik hanya efektif dalam melawan bakteri saja, bukan virus atau jamur. Selain itu, penyebab utama dari resistensi antibiotik adalah penggunaannya yang tidak tepat atau tidak sesuai aturan.

Oleh karena itu, saat beli antibiotik di apotek ini Sobat Sehat sebenarnya harus menggunakan resep dokter. Melalui resep dokter, nantinya Sobat Sehat akan mendapatkan jenis antibiotik, dosis obat, dan waktu untuk minumnya.  Jadi, hanya gunakan obat antibiotik saat diperlukan saja dan dengan resep dokter. Berikut cara beli antibiotik di apotek:

Datang Langsung ke Apotek K-24

Nah, setelah berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan resep dokter, Sobat Sehat bisa membawa resep tersebut ke Apotek K-24 terdekat untuk mendapatkan antibiotik yang diperlukan. Nantinya apoteker di Apotek K-24 akan menyiapkan obat antibiotik yang sudah dituliskan pada resep dokter, sesuai dari jumlah, dosis, dan waktu minumnya.

Saat menyerahkan obat pada Sobat Sehat, apoteker biasanya akan memberikan informasi obat secara umum, mulai dari dosis, efek samping, dan lain-lain. Apabila Sobat Sehat masih bingung, maka bisa tanyakan langsung pada apoteker yang bertugas.

Lewat Online

Beli antibiotik di Apotek K-24 juga bisa dilakukan dengan cara online. Pertama, melalui aplikasi K24Klik di mana Sobat Sehat perlu mengunggah resep dokter dan menebus obat. Nanti akan ada tim Farmasis dan Apotek Mitra yang akan melihat keabsahan resep dokter dan memverifikasinya.

Setelah itu, tim Apotek K-24 terdekat akan membantu dalam menyiapkan obat yang sesuai dengan resep kemudian obat akan diantarkan ke alamat konsumen. Cara ini juga bisa dilakukan melalui pesan WA di masing-masing gerai Apotek K-24 terdekat. Namun, tentu saja akan membutuhkan verifikasi terlebih dahulu.

Nah, itu dia cara beli antibiotik di Apotek K-24 yang tepat dan baik, yaitu dengan menyiapkan resep dokter terlebih dahulu. Ada beberapa alasan mengapa resep dokter ini penting, misalnya agar antibiotik bisa bekerja secara optimal, berisiko menyebabkan alergi, memicu interaksi dengan obat lain, risiko resistensi obat, hingga berisiko besar meningkatkan gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Jadi, jangan sampai Sobat Sehat menggunakan antibiotik secara sembarangan, ya, karena resistensi antibiotik ini menjadi penyebab kematian terbesar ke-4 di Indonesia, lho. Meski demikian, Sobat Sehat tidak perlu malu-malu untuk berkonsultasi mengenai antibiotik dengan apoteker. Sebab, apoteker juga berhak untuk berkomunikasi langsung dengan dokter yang memberi resep apabila terdapat keganjilan.

Demikian ulasan tentang cara beli antibiotik di apotek, semoga bermanfaat. Yuk, bijak-bijak memakai obat agar kesehatan bisa terjaga bersama Apotek K-24!