4 CARA MINUM OBAT KAPSUL AGAR TIDAK TERSEDAK TANPA MEMBUKA CANGKANG

Tidak semua orang bisa dengan mudah menelan obat kapsul yang terkadang bentuknya lebih besar dari jenis obat-obatan lainnya. Banyak orang mengalami kesulitan dalam menelan obat kapsul. Hal ini karena obat kapsul bisa menempel di tenggorokan atau mudah mengambang jika terkena air. Jika demikian, bagaimana cara minum obat kapsul yang baik agar mudah tertelan?

Obat kapsul adalah salah satu jenis obat yang biasanya memiliki lapisan luar atau cangkang untuk melindungi kandungan obat. Pada umumnya, lapisan atau cangkang ini mudah larut dalam air. Tidak hanya anak-anak saja, bahkan orang dewasa pun juga mengalami kesulitan dalam mengonsumsinya. Hal ini karena ada rasa takut tersedak dan sulit dalam menelan.

Cara Minum Obat Kapsul

Karena sulit mengonsumsi obat kapsul, beberapa orang memilih untuk membuka kapsulnya dan mengonsumsi isinya saja. Padahal cara tersebut tidak disarankan oleh dokter karena bisa mempengaruhi kinerja obat dan memunculkan efek samping yang tidak diinginkan.  The National Health Service mengatakan bahwa obat kapsul tidak boleh sembarangan dibuka untuk dikonsumsi.

Kesulitan dalam menelan obat bukan berarti Sobat Sehat harus menyerah dalam mengonsumsinya. Sebab, dalam keadaan tertentu, obat kapsul sangat penting untuk proses penyembuhan penyakit. Oleh karena itu, berikut beberapa cara minum obat kapsul untuk memudahkan dalam menelan:

Posisi Menduduk

Minum obat memerlukan posisi yang baik. Salah satu posisi yang disarankan ini adalah menduduk atau lean-forward method. Sama seperti namanya, Sobat Sehat perlu duduk dengan posisi yang tegak lalu mencondongkan wajah ketika ingin menelan.

Caranya adalah duduk dengan posisi tegak lalu letakkan obat di atas lidah. Kemudian minum sedikit air dan condongkan dagu ke arah dada (menduduk). Telan kapsul dengan segera setelah Sobat Sehat dalam posisi menunduk.

Banyak Minum Air Putih

Melihat ukuran obat kapsul yang besar kadang membuat banyak orang cemas, takut tidak akan bisa masuk. Oleh karenanya, cara minum obat kapsul yang selanjutnya ini adalah dengan banyak memperbanyak minum air putih.

Air putih bisa membantu dalam membawa atau mendorong obat kapsul melewati tenggorokan. Alhasil, Sobat Sehat akan terhindar dari tersedak atau merasakan rasa obat kapsul yang pahit. Salah satu kunci mengonsumsi obat kapsul dengan air putih ini adalah jangan sampai panik.

Telan Obat Bersama Makanan Lunak

Menurut Harvard Health Publishing, konsumsi obat kapsul ternyata boleh bersamaan dengan makanan bertekstur lunak. Contoh makanan bertekstur lunak ini seperti puding, pisang, atau nasi. Teksturnya yang lembut, beberapa makanan tersebut bisa membantu untuk menelan obat kapsul.

Kendati demikian, Sobat Sehat perlu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu, apakah makanan yang dikonsumsi akan menimbulkan interaksi obat atau tidak. Cara ini ternyata sudah terbukti efektif pada beberapa orang.

Bantuan Botol yang Ditekan

Cara minum obat kapsul yang selanjutnya adalah dengan bantuan botol yang ditekan, biasanya disebut dengan the pop-bottle method. Sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa cara ini terbukti efektif pada beberapa orang.

Berikut cara minum obat kapsul dengan botol:

  • Siapkan botol dengan mulut kecil dan isi dengan air putih.

  • Letakkan obat kapsul di atas lidah.

  • Kemudian tutup mulut botol menggunakan bibir dengan erat.

  • Minum air putih dengan gerakkan menghisap dan pastikan bibir Sobat Sehat tetap menutup mulut botol.

  • Telan semua air dan obat kapsul sampai tuntas.

Nah, itu dia beberapa cara minum obat kapsul yang bisa Sobat Sehat lakukan ketika kesulitan dalam menelan. Apabila Sobat Sehat membeli obat kapsul ini di Apotek K-24, maka Sobat Sehat bisa berkonsultasi dengan apoteker terlebih dahulu.

Alhasil, konsumsi obat kapsul pun bisa lebih baik dan aman sehingga gangguan kesehatan bisa cepat hilang.