MINUM VITAMIN SEBAIKNYA KAPAN? DAN REKOMENDASINYA UNTUK MENGHADAPI PUASA

Banyak orang mungkin masih menganggap bahwa minum vitamin tambahan bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang, atau malam hari. Padahal, minum vitamin ini ada aturan yang perlu Sobat Sehat pahami agar bisa bekerja dan memberikan manfaat. Jika demikian, minum vitamin sebaiknya kapan? Dan bagaimana  jika Sobat Sehat sedang akan menjalankan ibadah puasa?

Kadang kala minum vitamin atau multivitamin diperlukan bagi orang-orang yang tidak sempat mengonsumsi buah atau sayuran setiap hari. Sebab, vitamin sangat berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Daya tahan tubuh ini juga sangat diperlukan supaya Sobat Sehat bisa beraktivitas dengan lancar, khususnya jika ingin berpuasa seharian.

Minum Vitamin Sebaiknya Kapan?

Puasa sebentar lagi, di mana sebagian besar masyarakat Indonesia harus menahan makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Artinya, asupan makanan perlu diperhatikan jika tidak ingin kesehatan tubuh4 menurun dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Salah satu caranya adalah dengan mencukupi nutrisi tubuh, khususnya vitamin yang penting untuk mendukung fungsi dan jaringan tubuh. Sayangnya, mengonsumsi vitamin saat puasa ini tidak boleh sembarangan, lho.

Menurut studi dari North Dakota State University, konsumsi vitamin yang tepat bergantung pada jenis vitamin itu sendiri. Hal ini berarti masing-masing vitamin memiliki waktunya sendiri untuk bekerja di dalam tubuh. Lalu minum vitamin sebaiknya kapan dan rekomendasinya saat puasa? Simak penjelasan berikut ini:

  • Saat sahur, waktu yang cocok untuk minum vitamin yang mudah larut dalam air, contohnya vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan asam folat.

  • Saat buka puasa, waktu yang cocok untuk minum vitamin yang bisa larut dalam lemak, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K.

Seperti yang Sobat Sehat ketahui, waktu minum vitamin saat puasa ini hanya bisa dilakukan dini hari ketika sahur atau malam hari setelah buka puasa. Selain dengan vitamin tambahan, Sobat Sehat juga bisa mengonsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Rekomendasi Vitamin untuk Menghadapi Puasa

Jika sudah tahu minum vitamin sebaiknya kapan, Sobat Sehat juga perlu tahu jenis-jenis vitamin apa yang cocok untuk dikonsumsi saat puasa berlangsung. Namun, sebelumnya Sobat Sehat perlu menjadwalkan sendiri kapan dan harus minum vitamin apa agar vitamin bisa bekerja dengan baik.

Berikut beberapa rekomendasi produk vitamin di Apotek K-24 yang aman dikonsumsi saat puasa:

  • Ever C 500 (potongan Rp500,00)

  • HolistiCare D3 1000 (potongan Rp2.000,00)

  • HolistiCare Ester C (potongan Rp2.000,00)

  • HolistiCare Ester Kids (potongan Rp2.000,00)

  • Fitkom MultiVit (potongan Rp2.100,00)

  • Imboost Extra Vit C & D3 (potongan Rp10.600,00)

  • Renovit

  • Protecal

  • Blackmores Multivitamins + Minerals

  • YOUVIT

Itu dia beberapa rekomendasi vitamin saat puasa yang aman untuk dikonsumsi. Seperti yang tertulis di atas, terdapat promo potongan harga di Apotek K-24 selama periode 1-31 Maret 2024 untuk produk-produk tertentu. Jadi, kalau membutuhkan vitamin untuk menghadapi puasa, cepat-cepat datang ke Apotek K-24 terdekat untuk mendapatkan promo menariknya.

Tips Minum Vitamin yang Perlu Diperhatikan

Oh iya, selain memperhatikan minum vitamin sebaiknya kapan dan produknya, ada beberapa tips untuk vitamin agar tidak berdampak buruk pada kesehatan, lho. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  • Konsumsi vitamin sesuai dengan kebutuhan.

  • Tidak harus dikonsumsi setiap hari.

  • Jangan minum vitamin bersamaan dengan kopi.

  • Baca label pada kemasan vitamin dengan teliti mengenai dosis, kandungan, takaran, manfaat, tanggal kadaluarsa, dan efek samping.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai minum vitamin sebaiknya kapan, rekomendasi, dan tips dalam meminumnya. Selalu jaga kesehatan setiap hari, ya, kalau ingin kegiatan sehari-hari berjalan lancar tanpa gangguan.