TESTPACK SAMAR HAMPIR TAK TERLIHAT? APA PENYEBABNYA?

Penggunaan testpack mungkin sangat umum dilakukan apalagi jika Sobat Sehat merupakan pasangan yang baru saja menikah. Namun, kadang kala hasil dari menggunakan testpack ini bisa tidak sesuai dengan apa yang harapkan. Misalnya saja testpack samar hampir tak terlihat yang kadang membingungkan. Lalu apa hasilnya? Dan kapan waktu yang tepat untuk testpack digunakan?

Testpack adalah sebuah alat kesehatan yang digunakan untuk mengecek kehamilan secara praktis dan sederhana. Meskipun testpack bisa memberikan informasi Sobat Sehat hamil atau tidak, tapi untuk lebih pastinya Sobat Sehat biasanya tetap disarankan untuk ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Sebab, hasil testpack ini bisa saja tidak akurat dan terjadi masalah.

Testpack Samar Hampir Tak Terlihat, Kenapa?

Alat testpack sebenarnya bekerja dengan cara mengidentifikasi hormon hCG yang biasanya akan meningkat ketika seorang perempuan sedang hamil. Hormon hCG ini bermanfaat untuk mendeteksi kehamilan sejak dini dan mempertahankan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Nah, untuk menggunakannya, Sobat Sehat tinggal menyiramkan air urine pada alat atau mencelupkan testpack ke dalam air urine yang sudah ditampung pada wadah. Ada dua kemungkinan yang datang dari hasil tespack, yaitu 2 garis berarti positif hamil dan 1 garis artinya negatif hamil.

Namun, apabila testpack samar hampir tak terlihat apa tandanya?

Hal tersebut bisa bertanda Sobat Sehat sedang hamil, tapi juga bisa menunjukkan hasil positif yang palsu. Ada beberapa keadaan yang membuat hasil testpack samar hampir tak terlihat, di antaranya:

  • Testpack sudah kadaluwarsa atau justru rusak.

  • Sampel urine yang bermasalah karena tercampur dengan zat asing lainnya.

  • Penggunaan obat kesuburan yang dapat meningkatkan hormon tertentu dalam tubuh.

  • Gangguan kesehatan seperti gangguan hormon atau keguguran.

Pada penggunaan yang tepat dengan keadaan testpack yang baik, tingkat akurasi alat yang dijual di Apotek K-24 memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun, kemungkinan hasil testpack yang ambigu juga masih tetap ada. Oleh karena itu, jika bingung Sobat Sehat bisa menggunakan testpack secara berulang dengan waktu yang tepat.

Waktu yang Tepat untuk Testpack Digunakan

Pemilihan waktu dalam menggunakan testpack juga dapat mempengaruhi hasilnya, lho, baik terlihat jelas atau testpack samar hampir tak terlihat. Sobat Sehat bisa menggunakan testpack ketika sudah 1 hari terlambat dari jadwal haid atau 2 minggu setelah terakhir berhubungan intim.

Namun, untuk hasil yang lebih akurat lagi, Sobat Sehat disarankan untuk menggunakan testpack saat sudah terlambat haid selama 1-2 minggu. Selain itu, menggunakan testpack juga sebaiknya saat pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini karena urine di pagi hari masih bersifat pekat sehingga bisa memberikan hasil yang akurat.

Berbeda jika siang hari, urine biasanya akan dalam keadaan encer karena asupan minum sudah banyak. Urine yang encer akan membuat testpack sulit mendeteksi hormon hCG. Apabila Sobat Sehat gagal menggunakan testpack meski sudah mengalami gejala awal kehamilan, maka pastikan untuk melakukan tes ulang testpack dengan merek yang berbeda.

Nah, itu dia beberapa penyebab dari testpack samar hampir tak terlihat dan kapan saja waktu yang baik dalam menggunakan testpack. Untuk mendapatkan hasil testpack yang lebih akurat, sebaiknya Sobat Sehat beli di tempat yang resmi menjual alat kesehatan, ya, contohnya Apotek K-24.

Fasilitas kesehatan seperti Apotek K-24 hanya menyediakan produk-produk yang sudah sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan RI dan BPOM saja. Jadi, gunakan testpack dari Apotek K-24 jika mau hasil yang akurat!