ALAT KONTRASEPSI ADALAH: KEGUNAAN DAN JENIS-JENISNYA YANG AMAN DIGUNAKAN

Alat kontrasepsi adalah sebuah alat penting bagi Sobat Sehat yang akan menikah dan merencanakan seberapa besar anggota keluarga yang diinginkan. Keberadaan alat kontrasepsi ini sebenarnya sangat penting untuk perencanaan keluarga. Namun, sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang kenal dan paham dengan berbagai alat kontrasepsi yang ada.

Akibatnya, banyak keluarga yang justru memiliki anak dengan jumlah yang terbilang tidak sedikit. Selain itu, juga banyak kasus kehamilan di luar rencana atau di luar pernikahan yang terkadang dianggap sebagai beban. Oleh karena itu, dalam merayakan Hari Kontrasepsi Sedunia 2023 ini, pemerintah melakukan sosialisasi KB jangka panjang secara gencar di berbagai daerah Indonesia.

Alat Kontrasepsi Adalah…

Pada umumnya, kehamilan akan terjadi ketika ada pertemuan antara sel sperma dari laki-laki dengan sel telur yang ada di dalam rahim perempuan. Nah, untuk mencegah proses tersebut menjadi kegunaan alat kontrasepsi yang paling utama.

Sebab, alat kontrasepsi adalah alat yang bisa Sobat Sehat gunakan sebagai pencegahan kehamilan ketika belum siap untuk memiliki momongan. Alat kontrasepsi sendiri sebenarnya bisa digunakan oleh perempuan atau laki-laki.

Selain mencegah kehamilan, alat kontrasepsi juga berguna untuk mencegah penularan penyakit seksual. Alat kontrasepsi ini bisa digunakan kapan saja, asal sebelum berhubungan intim dengan pasangan.

Jenis-jenis Alat Kontrasepsi

Berdasarkan cara menggunakannya, terdapat berbagai jenis alat kontrasepsi yang bisa Sobat Sehat pilih. Masing-masing alat kontrasepsi ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Jadi, Sobat Sehat perlu menyesuaikan keinginan dan kebutuhan dalam mencegah kehamilan. Jenis-jenis alat kontrasepsi adalah sebagai berikut:

Pil KB

Alat kontrasepsi yang satu ini paling umum digunakan karena mudah ditemukan dan digunakan. Pil KB biasanya mengandung hormon progestin dan estrogen yang bisa mencegah terjadinya ovulasi.

Kelebihan dari pil KB adalah tingkat efektivitasnya sangat tinggi dan membuat siklus haid menjadi lancar. Namun, pil KB tidak bisa mencegah penyakit menular dan bisa menimbulkan efek samping tertentu

Kondom Pria

Selain pil KB, banyak orang juga menggunakan kondom pria untuk mencegah kehamilan. Kondom terbuat dari bahan lateks yang bisa menghalangi sperma untuk masuk ke dalam vagina. Kelebihan dari kondom adalah harga terjangkau, praktis, dan bisa mencegah penyakit menular.

Selain itu, kondom juga mudah untuk didapatkan, baik di toko retail atau apotek. Kondom yang aman ini tersedia di Apotek K-24 terdekat, lho. Melalui Apotek K-24, Sobat Sehat bisa memilih berbagai jenis kondom yang diinginkan dan sesuai dengan preferensi masing-masing.

Suntik

Alat kontrasepsi yang selanjutnya adalah suntik KB di mana mengandung hormon progestin dan bisa menghentikan ovulasi. Umumnya, suntik KB akan dilakukan selama 3 bulan sekali atau 1 bukan sekali.

Implan

KB dengan cara implan biasanya bisa mencegah kehamilan sampai 3 tahun lamanya. Alat kontrasepsi yang satu ini berupa batang kecil yang bentuknya seperti korek api. Pemakaiannya sendiri harus memasukkan batang tersebut ke bagian bawah kulit, biasanya di area lengan atas.

IUD

Intrauterine device (IUD) adalah alat kontrasepsi yang bentuknya seperti huruf T dengan bahan dari plastik atau tembaga. Alat ini mencegah kehamilan dengan cara menghalau sel sperma supaya tidak membuahi sel telur dan biasanya akan dimasukkan ke dalam vagina.

IUD ini menjadi alat kontrasepsi yang tahan lama dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Namun, risiko untuk bergeser sangatlah tinggi, selain itu biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

Nah, itu dia penjelasan singkat tentang alat kontrasepsi adalah dan beberapa jenisnya yang bisa digunakan dengan aman. Alat kontrasepsi ini sangat penting digunakan jika Sobat Sehat belum siap dengan anggota keluarga baru (anak).

Jadi, jangan malu-malu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan alat kontrasepsi yang cocok. Yuk, di Hari Kontrasepsi Sedunia ini Sobat Sehat ikut menyebarkan informasi pentingnya alat kontrasepsi ini ke orang-orang tersayang. Jaga kesehatan seksual bersama Apotek K-24!