MUSIM HUJAN DATANG? WASPADAI CIRI CIRI RADANG TENGGOROKAN INI!

Memasuki musim hujan membuat suhu dan keadaan udara berubah dari saat musim kemarau. Banyak orang di Indonesia yang ternyata terpengaruh dengan perubahan musim ini. Pada umumnya, orang yang terpengaruh ini mengalami gangguan kesehatan, seperti flu dan radang tenggorokan. Sobat Sehat perlu waspada dengan ciri ciri radang tenggorokan yang bisa datang kapan saja.

Radang tenggorokan adalah gangguan kesehatan yang sangat umum terjadi, baik pada anak-anak atau orang dewasa sekalipun. Penyebab utama dari radang tenggorokan adalah adanya infeksi bakteri atau virus dalam saluran pernapasan. Meskipun tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, radang tenggorokan tidak boleh disepelekan karena bisa sangat mengganggu.

Ciri ciri Radang Tenggorokan yang Biasa Terjadi

Musim hujan biasanya identik dengan suhu udara yang dingin dan membawa banyak air serta kotoran. Hal ini ternyata memudahkan penyebaran penyakit menular, apalagi penyakit yang penyebabnya dari virus atau bakteri.

Selain itu, ketika musim hujan banyak orang yang cenderung mengabaikan kebersihan dari mencuci tangan karena merasa tangannya sudah bersih dari air hujan. Padahal, air hujan bisa saja membawa virus dan bakteri yang dapat menularkan berbagai penyakit, termasuk radang tenggorokan.

Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu kenal dan paham berbagai ciri ciri radang tenggorokan agar bisa segera diobati, di antaranya:

Ada Rasa Sakit dan Gatal di Tenggorokan

Ciri khas dari radang tenggorokan adalah sensasi gatal dan seolah ada yang mengganjal di bagian tenggorokan. Bahkan, pada beberapa keadaan, sensasi gatal ini bisa menjadi rasa sakit karena tenggorokan yang meradang. Gejala yang satu ini sangat mengganggu aktivitas karena rasanya ingin menggaruk bagian leher tapi tidak bisa.

Nyeri saat Menelan Makanan atau Minuman

Rasa sakit atau nyeri di tenggorokan akibat radang tidak hanya mengganggu saja, tapi juga membuat Sobat Sehat susah untuk menelan makanan atau minum. Penderita radang tenggorokan biasanya akan malas makan atau minum karena rasa nyeri dan mengganjal di tenggorokan. Padahal, untuk sembuh dari radang tenggorokan ini Sobat Sehat memerlukan nutrisi dari makanan.

Suara Menjadi Serak

Ciri ciri radang tenggorokan yang selanjutnya adalah suara menjadi lebih serak atau biasanya bisa juga terdengar seperti “bindeng”. Perubahan suara ini sangat umum terjadi karena beberapa alasan. Salah satunya, biasanya saat terjadi radang tenggorokan, lendir di tenggorokan akan terbilang lebih banyak. Nah, lendir pada saluran pernapasan dapat mengubah suara, lho.

Batuk

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ciri khas dari radang tenggorokan adalah adanya rasa gatal dan mengganjal. Nah, gejala tersebut bisa membuat penderitanya terangsang untuk batuk. Hal ini menjadi respon tubuh yang alami ketika ada benda asing di dalam tenggorokan.

Demam

Meskipun tidak semua penderita mengalaminya, tapi ciri ciri radang tenggorokan ini biasanya ditemani dengan demam atau suhu tubuh yang meningkat. Demam adalah respon tubuh ketika sistem imun sedang melawan infeksi virus atau bakteri di dalam tubuh manusia.

Jadi, jangan heran jika radang tenggorokan Sobat Sehat disertai dengan demam atau sakit kepala. Hal ini juga menjadi salah satu tanda bahwa Sobat Sehat akan mengalami flu.

Nah, itu dia beberapa ciri ciri radang tenggorokan yang perlu diwaspadai. Keluhan yang satu ini bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, jika Sobat Sehat sudah merasa terganggu, maka bisa minum obat radang tenggorokan di Apotek K-24 agar gejala bisa segera sembuh.

Selain itu, Sobat Sehat juga bisa melakukan perawatan sederhana di rumah untuk radang tenggorokan, seperti:

  • Berkumur dengan air garam yang hangat.

  • Istirahatkan tubuh dengan waktu yang cukup, paling tidak 7-9 jam sehari.

  • Usap minyak angin di bagian dada, punggung, dan tenggorokan.

  • Hindari minum minuman yang dingin.

  • Kenakan masker ketika keluar ruangan.

Demikian ulasan tentang ciri ciri radang tenggorokan yang bisa mengganggu aktivitas dan mudah datang ketika musim hujan ini. Yuk, jaga kesehatan selama musim hujan bersama Apotek K-24 yang Komplit Obatnya, 24 Jam Bukanya!