POSISI TIDUR SAAT ASAM LAMBUNG NAIK YANG BAIK DAN HARUS DIHINDARI

Asam lambung merupakan gangguan kesehatan yang bisa terjadi kapan saja, mulai dari pagi, siang, atau malam hari sekalipun. Ketika asam lambung naik di malam hari, hal ini tentu akan sangat mengganggu waktu tidur Sobat Sehat. Kendati demikian, apa Sobat Sehat tahu bahwa ada beberapa posisi tidur saat asam lambung naik yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman?

Asam lambung naik adalah kondisi di mana cairan asam dalam lambung naik ke saluran kerongkongan. Keadaan ini membuat para penderitanya merasakan perut mual, perut kembung, dan rasa panas di ulu hati. Hal ini dapat terjadi karena banyak hal, seperti konsumsi makanan, kurang waktu berolahraga, stres, dan sering-sering minum kopi atau alkohol.

Posisi Tidur saat Asam Lambung Naik

Selain itu, posisi tidur yang kurang baik untuk perut juga dapat menjadi salah satu penyebab dari asam lambung naik. Sebab, salah posisi tidur sedikit saja dapat mempermudah asam lambung dan isi lambung untuk kembali ke kerongkongan.

Hal tersebut tentu bisa berbahaya karena penderita bisa kehilangan waktu tidur ketika menahan rasa sakit akibat asam lambung naik. Jika keadaan ini terjadi terus-menerus, maka kualitas tidur dan kualitas hidup akan berkurang. Akibatnya adalah Sobat Sehat akan mudah terkena stres.

Stres yang berlebihan juga tidak baik untuk asam lambung karena dapat memperparah keadaan. Oleh karena itu, bagi Sobat Sehat yang menderita asam lambung harus memperhatikan posisi tidurnya setiap saat. Berikut adalah beberapa posisi tidur saat asam lambung naik yang baik dilakukan:

Miring ke Bagian Kiri

Ketika asam lambung tiba-tiba naik di malam hari, maka Sobat Sehat sebaiknya segera ganti posisi tidur dengan tubuh menghadap ke bagian kiri. Posisi ini bisa mencegah dan mengatasi asam lambung yang naik karena organ lambung akan berada di bawah kerongkongan.

Jika bisa, hindari tidur miring ke kanan, ya, karena posisi ini dapat melonggarkan otot sfingter esofagus sehingga risiko asam lambung akan lebih tinggi. Selain itu, Sobat Sehat juga bisa memberikan bantal pada kaki bawah agar tidak terjadi nyeri punggung.

Tinggikan Tubuh Bagian Atas

Posisi tidur saat asam lambung naik yang baik selanjutnya adalah meninggikan tubuh bagian atas atau kepala daripada perut. Caranya adalah topang kepala dan tubuh bagian atas menggunakan bantal. Meninggikan kepala dianggap efektif dalam mencegah asam lambung naik karena organ lambung berada di posisi lebih bawah daripada kerongkongan.

Hindari Posisi Tidur Telentang

Jika tidur miring ke kiri dan kepala lebih tinggi sangat disarankan, maka tidur dengan cara telentang merupakan posisi tidur saat asam lambung naik yang harus dihindari. Sebab, dengan tidur telentang, tekanan perut akan terasa lebih besar dan membuat asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

Tips Tidur saat Asam Lambung Kambuh

Selain posisi tidur yang perlu diperhatikan, penderita asam lambung juga harus tahu bahwa ada beberapa tips agar tidur bisa lebih nyaman. Berikut adalah beberapa tips tidur di saat memiliki gangguan asam lambung:

  • Gunakan baju yang sifatnya longgar dan tidak ketat di bagian perut.

  • Hindari makan besar sebelum tidur, pastikan jarak makan dan tidur ini kurang lebih dua jam.

  • Kelola stres dengan baik, bisa melalui hobi atau teknik-teknik relaksasi.

  • Ciptakan suasana yang senyaman mungkin untuk tidur, mulai dari suhu ruangan, lampu kamar, dan lain-lain.

  • Selalu siap sedia obat asam lambung di rumah. Sobat Sehat bisa membeli obat asam lambung ini di Apotek K-24 terdekat, ya. Selain komplit obatnya, membeli obat asam lambung di Apotek K-24 bisa dilakukan kapan saja, di malam hari sekalipun.

Demikian ulasan singkat tentang posisi tidur saat asam lambung naik dan tips menariknya, semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Sehat yang menderita asam lambung atau GERD. Yuk, jaga kualitas hidup bersama Apotek K-24 yang Komplit Obatnya, 24 Jam Bukanya!