ANAK MAKAN BANYAK TAPI TETAP KURUS? INI 5 PENYEBAB YANG HARUS DIWASPADAI!

Memiliki anak dengan tubuh yang berisi ternyata menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Sebab, anak yang berisi dan dalam kondisi fit menandakan bahwa mereka sehat serta gizinya tercukupi setiap hari. Namun, dalam beberapa kasus ada keadaan di mana anak makan banyak tapi tetap kurus. Hal ini tentu membuat orang tua khawatir, lalu apa sih penyebab dari keadaan tersebut?

Jika anak memiliki tubuh yang kurus karena sulit makan mungkin menjadi hal wajar karena kebutuhan kalorinya kurang. Oleh karena itu, masalah anak yang susah gemuk walau doyan makan ini menjadi perhatian banyak orang tua. Bahkan, banyak orang tua yang rela melakukan banyak hal agar anak menjadi lebih gemuk dan berisi.

Anak Makan Banyak tapi Tetap Kurus, Apa Sebabnya?

Masalah anak yang tidak gemuk-gemuk membuat banyak orang berasumsi bahwa mereka tidak sehat dan kekurangan gizi. Padahal, anak gemuk dan berisi juga tidak menjadi patokan utama bahwa anak dalam kondisi yang sehat dan gizinya tercukupi.

Sobat Sehat sebagai orang tua perlu tahu bahwa ada beberapa alasan mengapa anak tidak gemuk-gemuk meskipun porsi makannya sudah banyak. Berikut adalah alasan-alasan yang perlu Sobat Sehat ketahui ketika menjadi orang tua di masa datang:

Makanan tidak Cukup Gizi

Penyebab anak makan banyak tapi tetap kurus yang pertama adalah menu makan kurang gizi dan kalori. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan tidak boleh diberi menu makan sembarangan. Sobat Sehat perlu memperhatikan asupan dalam menu makannya, mulai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serat, dan mineral.

Anak Picky (Pilih-pilih)

Tidak tercukupinya gizi di atas juga bisa dikarenakan anak yang terlalu pilih-pilih makanan. Ketika si Kecil hanya mengonsumsi makanan yang itu-itu saja, maka gizi lainnya belum tentu tercukupi. Sebab, setiap bahan pangan pasti memiliki asupan nutrisi yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, agar gizi bisa tercukupi dengan baik, coba buat menu makan yang bervariasi agar anak tertarik untuk mengonsumsi makanan. Membiasakan anak mengonsumsi banyak makanan membuat gizinya terpenuhi dengan tepat.

Alergi

Kondisi alergi pada makanan tertentu juga membuat alasan di balik anak makan banyak tapi tetap kurus terjadi. Ketika anak mempunyai alergi, maka sistem kekebalannya akan menurun dan lapisan usus bisa rusak. Akibatnya adalah nutrisi dalam makanan tidak akan terserap dengan baik.

Contohnya saja saat anak mempunyai alergi susu, maka si Kecil tidak akan bisa menyerap nutrisi lainnya dalam susu.

Faktor Lingkungan

Tidak hanya dari faktor fisik atau makanan saja, tapi faktor lingkungan juga menjadi salah satu penyebab anak tetap kurus walau sudah makan banyak. Anak yang tidak memiliki jadwal makan yang jelas bisa membuat mereka asal makan saja tanpa pikir asupan nutrisi di dalamnya.

Selain itu, kondisi emosi anak seperti tantrum, marah, sedih, dan stres juga menjadi gangguan makan sehingga makan menjadi tidak baik serta asal-asalan.

Masalah Kesehatan

Alasan anak makan banyak tapi tetap kurus yang selanjutnya adalah adanya masalah kesehatan, contohnya adalah cacingan. Penyakit cacingan bisa berbahaya karena cacing-cacing di dalam tubuh anak akan mencuri nutrisi yang dikonsumsi anak.

Akibatnya, gizi anak pun menjadi tidak tercukupi karena nutrisinya sudah dicuri dulu oleh cacing. Selain cacingan, ada gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai, seperti diare kronis, penyakit hati, dan penyakit kerongkongan.

Sobat Sehat dapat memeriksakan ke dokter apabila kondisi anak makan banyak tapi tetap kurus ini berjalan lama meski menu makannya sudah diatur dengan baik. Sebab, jika anak terdiagnosis cacingan, maka si Kecil bisa segera diberikan obat cacing paling ampuh di Apotek K-24 agar segera sembuh.

Menghilangkan cacing dalam tubuh sama saja menghilangkan parasit yang suka mencuri nutrisi. Apabila cacing-cacing ini sudah hilang, maka gizi dalam makanan bisa bekerja secara maksimal untuk kesehatan anak. Yuk, jaga kesehatan anak dan penuhi gizinya dengan Apotek K-24.