CARA MEREDAKAN BATUK TANPA OBAT, 5 LANGKAH SEDERHANA UNTUK ATASI KELUHAN

Cuaca yang panas dan berdebu membuat masyarakat Indonesia banyak yang mengalami sakit batuk, baik batuk kering atau berdahak. Meskipun tidak membahayakan kesehatan tubuh, batuk yang terjadi berhari-hari bisa mengganggu kualitas hidup sehari-hari. Oleh karena itu, Sobat Sehat perlu tahu bagaimana cara meredakan batuk tanpa obat yang bisa dilakukan di rumah.

Batuk sebenarnya hal yang normal terjadi karena menjadi respon alami ketika saluran pernapasan perlu mengeluarkan bakteri atau benda asing. Namun, batuk yang terjadi terus-menerus bisa menjadi salah satu gejala dari gangguan kesehatan, seperti alergi, infeksi bakteri, atau infeksi bakteri.

5 Cara Meredakan Batuk tanpa Obat

Batuk memang bisa hilang dengan sendirinya, tapi jika dibiarkan begitu saja bisa mengganggu aktivitas sendiri juga orang lain. Selain itu, batuk juga membuat tubuh tidak nyaman dan mudah lelah. Jadi, akan lebih baik jika Sobat Sehat segera untuk mengatasinya.

Berikut beberapa cara mengatasi sakit batuk agar cepat sembuh:

Perbanyak Minum Air Putih

Meningkatkan asupan air putih ketika batuk adalah hal yang sangat penting dilakukan. Selain bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan, air putih juga terbukti secara efektif bisa melegakan tenggorokan dan mengencerkan lendir. Apalagi jika air putih ini diminum dalam keadaan hangat.

Selain itu, minum air putih dengan cukup, minimal 1,5 liter perhari, bisa mencegah tenggorokan menjadi kering dan iritasi. Alhasil, gangguan batuk bisa teratasi dengan baik.

Berkumur dengan Air Garam

Cara meredakan batuk tanpa obat yang selanjutnya adalah bisa berkumur-kumur dengan larutan air garam. Berkumur menggunakan air garam bisa membantu dalam mengurangi batuk, meredakan iritasi tenggorokan, dan mengatasi bakteri atau virus yang ada di saluran pernapasan.

Caranya sangat mudah, Sobat Sehat tinggal melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur.

Minum Obat Alami Batuk

Menggunakan bahan-bahan alami atau tanaman obat bisa menjadi salah satu cara meredakan batuk tanpa obat, lho. Tanaman obat yang terbukti efektif dapat menyembuhkan gangguan batuk adalah jahe, kencur, peppermint, dan chamomile.

Bahan-bahan alami tersebut bisa dimakan secara langsung atau diseduh menggunakan air hangat. Sobat Sehat juga bisa mencampurnya dengan madu agar lebih nikmat dan meningkatkan fungsinya.

Jaga Kelembapan Udara

Dalam mengatasi gangguan batuk, Sobat Sehat juga perlu menjaga kelembapan dan kebersihan udara di lingkungan sekitar. Sebab, udara yang kotor biasanya menjadi pemicu utama dari batuk akibat alergi. Oleh karena itu, jika di sekitar banyak debu, serbuk, bulu hewan, dan lain sebagainya segera dibersihkan, ya.

Selain itu, Sobat Sehat juga bisa menggunakan pelembap udara (humidifier) di rumah agar kelembapan udara selalu terjaga. Ketika udara lembap, maka lendir penyebab batuk bisa menjadi lebih encer.

Berendam pada Air Hangat

Cara meredakan batuk tanpa obat yang terakhir adalah dengan mandi atau berendam air hangat. Walaupun tidak secara permanen, tapi rasa hangat dan uap dari air panas biasanya bisa melegakan saluran pernapasan dalam sesaat. Agar manfaat dari air hangat ini berjalan maksimal, Sobat Sehat bisa berendam air hangat selama 5 menit, lho.

Apabila cara-cara di atas belum bisa menyembuhkan batuk secara efektif, maka Sobat Sehat bisa menggunakan obat batuk agar keluhan segera hilang. Jenis obat batuk ini bermacam-macam, mulai dari tablet, sirop, kapsul, dan lain sebagainya.

Namun, untuk memilih obat batuk ini, Sobat Sehat perlu menyamakannya dengan gejala yang diderita, ya, seperti batuk kering, batuk berdahak, atau batuk lainnya. Konsultasikan terlebih dahulu dengan apoteker yang ada agar bisa sesuai dengan kebutuhan Sobat Sehat.

Selain itu, akan lebih baik lagi jika Sobat Sehat mencari obat batuk ini di tempat resmi seperti Apotek K-24 agar keamanan dan keasliannya terjaga. Demikian penjelasan singkat tentang cara meredakan batuk tanpa obat, semoga bermanfaat.