5 TIPS MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI, SEGERA LAKUKAN SEBELUM TERLAMBAT!

Tekanan darah yang terlalu tinggi ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh, lho. Sebab, orang yang mempunyai tekanan darah tinggi (hipertensi) akan merasakan gejala yang mengganggu, seperti sakit kepala, badan lemas, sesak napas, mual, gelisah, mata kabur, dan lain sebagainya. Lalu adakah tips menurunkan tekanan darah tinggi agar badan menjadi lebih sehat?

Tekanan darah yang normal biasanya ada di angka 120/80 mmHg, jika lebih dari itu maka sudah dianggap sebagai tekanan darah tinggi. Ada beberapa keadaan yang membuat tekanan darah menjadi tinggi, seperti usia, keturunan, stres, jarang berolahraga, penyakit tertentu, dan sering konsumsi makanan tidak sehat.

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak segera ditangani bisa menjadi penyakit yang lebih berbahaya, lho. Ada beberapa penyakit yang awal mulanya dari tekanan darah tinggi, seperti serangan jantung, penyakit jantung, hingga stroke.

Itulah alasan mengapa tekanan darah tinggi tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sobat Sehat perlu segera menurunkannya jika memiliki tekanan darah yang tinggi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat:

Rutin Berolahraga

Tips menurunkan tekanan darah tinggi yang pertama adalah biasakan untuk berolahraga. Kegiatan fisik ini sebaiknya dilakukan selama 30-60 menit dan sebanyak 3-5 kali dalam sepekan. Ketika Sobat Sehat rutin berolahraga, makan tekanan darah bisa menurun sebanyak 5-8 mmHg.

Ada beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan bagi penderita darah tinggi, seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, senam, dan jogging.

Kurangi Keadaan Stres

Stres yang berlebihan dan terjadi terus-menerus ternyata bisa meningkatkan tekanan darah dalam tubuh, lho. Oleh karena itu, Sobat Sehat disarankan untuk bisa mengendalikan stres agar tekanan darah bisa menurun sedikit demi sedikit. Dalam mengendalikan stres, Sobat Sehat bisa melakukan beberapa teknik relaksasi, contohnya yoga, meditasi, atau menjalankan hobi.

Jaga Pola Makan Sehat

Selain berolahraga, membiasakan makan makanan bergizi seimbang juga bisa menjadi salah satu tips menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam menjaga tekanan darah, paling tidak Sobat Sehat harus mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh.

Sebab, jenis makanan tersebut biasanya mengandung kalium yang bisa membantu dalam menurunkan darah tinggi. Oh iya, jangan lupa untuk mengurangi asupan kolesterol dan lemak jenuh dari gorengan, fastfood, dan lain sebagainya.

Batasi Konsumsi Garam

Terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung natrium juga bisa mengganggu fungsi pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa meningkat. Natrium biasanya banyak terkandung pada garam, baik garam dalam makanan, snack, camilan, atau makanan kaleng.

Oleh karena itu, jika Sobat Sehat sedang mengalami tekanan darah tinggi, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang asin atau mengandung MSG.

Konsumsi Obat Penurun Darah Tinggi

Tips menurunkan tekanan darah tinggi yang selanjutnya adalah dengan minum obat penurun darah tinggi. Pada keadaan tertentu seperti usia tua, kadang kala menurunkan darah tinggi perlu bantuan dari obat. Sebab, semakin tua usia, semakin mudah pula mereka mengalami darah tinggi.

Namun, penggunaan obat penurun darah tinggi ini tidak boleh sembarangan, ya, karena memerlukan resep dari dokter. Umumnya, dokter perlu menyesuaikan dosis dan jenis obat yang sesuai dengan keadaan tubuh Sobat Sehat.

Nah, itu dia beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa Sobat Sehat lakukan. Untuk bisa merawat darah tinggi sejak dini, Sobat Sehat perlu mengecek tekanan darah secara rutin menggunakan tensimeter.

Apotek K-24 menyediakan layanan cek tekanan darah secara gratis, lho. Jadi, apabila Sobat Sehat bingung untuk cek tekanan darah, maka datang saja ke Apotek K-24 terdekat dari lokasi Sobat Sehat. Yuk, jaga kesehatan bersama Apotek K-24!