PARACETAMOL OBAT APA? INI DIA KEGUNAAN DAN PERINGATAN YANG PERLU DIPERHATIKAN!

Kadangkala ketika Sobat Sehat sedang merasa tidak enak badan dan merasakan gejala lainnya, Sobat Sehat akan disarankan untuk minum obat paracetamol. Pemakaian obat paracetamol ini terbilang sangat umum karena sering digunakan ketika sedang sakit apapun. Hal ini tentu membuat bertanya-tanya sebenarnya paracetamol obat apa dan apa manfaat paracetamol untuk kesehatan?

Saking seringnya digunakan pada berbagai keadaan, mungkin Sobat Sehat sudah tidak asing atau tidak heran dengan keberadaan obat paracetamol di sekitar Sobat Sehat. Paracetamol menjadi salah satu jenis obat yang dijual bebas dan bisa ditemukan Apotek K-24 terdekat atau toko obat lainnya. Namun, demi keamanan pastikan membeli paracetamol di tempat resmi seperti Apotek K-24, ya.

Paracetamol Obat Apa?

Menurut beberapa laman kesehatan, paracetamol adalah obat yang biasanya digunakan untuk meredakan sakit demam dan juga nyeri dalam tubuh. Orang-orang yang merasa sakit kepala, panas tubuh meningkat, nyeri haid, nyeri gigi, dan lain sebagainya bisa mengonsumsi paracetamol.

Pada umumnya, paracetamol atau bisa disebut dengan acetaminophen ini memiliki beberapa bentuk, seperti sirop, infus, tablet, suppositoria, dan tetes. Manfaat paracetamol yang paling utama adalah meredakan demam dan nyeri ringan hingga sedang dalam tubuh.

Hal ini karena paracetamol bisa bekerja dalam pusat pengaturan suhu tubuh yang ada di otak sehingga dapat menurunkan panas. Tidak hanya itu, paracetamol dapat juga menghambat pembentukan prostaglandin, sebuah senyawa yang memicu rasa nyeri dan bengkak.

Cara Menggunakan Paracetamol dengan Baik

Meskipun sudah mengetahui paracetamol obat apa dan merupakan obat bebas, Sobat Sehat tidak boleh menggunakan jenis obat ini dengan sembarangan. Umumnya, paracetamol bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, tergantung bagaimana anjuran dokter atau aturan dalam kemasan obat.

Penggunaan paracetamol ini juga tergantung dari bentuk atau jenisnya. Paracetamol dalam bentuk infus biasanya akan langsung diberikan oleh dokter atau petugas medis yang berwenang. Sementara paracetamol sirop harus dikocok terlebih dahulu sebelum diminum dan sebaiknya gunakan sendok takar jangan sendok biasa karena dosis bisa berbeda.

Sedangkan paracetamol dalam bentuk obat tablet tinggal diminum begitu saja dengan memperhatikan dosis yang sudah ditentukan. Oh iya, Sobat Sehat jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum atau setelah menggunakan obat paracetamol.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Minum Paracetamol

Selain paham akan paracetamol obat apa, dalam mengonsumsi ini Sobat Sehat perlu tahu beberapa peringatan yang harus diperhatikan. Menurut BPOM ada beberapa peringatan dalam mengonsumsi paracetamol, yaitu:

  • Jangan menggunakan paracetamol jika Sobat Sehat memiliki alergi terhadap obat ini.

  • Konsultasikan dengan dokter jika Sobat Sehat mempunyai penyakit liver, hepatitis, penyakit ginjal, kecanduan alkohol, atau sedang dalam masa kehamilan.

  • Ketika menderita diabetes, Sobat Sehat harus memperhatikan kandungan pada paracetamol.

  • Sobat Sehat juga harus berkonsultasi dengan dokter jika sedang mengonsumsi obat atau suplemen tertentu jika ingin minum paracetamol.

  • Penggunaan paracetamol pada anak di bawah 2 tahun juga perlu pengawasan dari dokter spesialis anak.

Beberapa peringatan tentang paracetamol obat apa di atas ini bertujuan agar masyarakat Indonesia tidak sembarangan dalam menggunakan obat. Meskipun dijual bebas, bukan berarti Sobat Sehat bebas menggunakannya dalam segala keadaan, ya.

Apabila masih bingung dalam menggunakan paracetamol atau kegunaannya, Sobat Sehat bisa berkonsultasi dengan apoteker di Apotek K-24 terdekat atau lewat aplikasi K24Klik, lho. Sebab, Apotek K-24 selalu siap untuk melayani konsultasi obat secara gratis dan 24 jam.