4 CARA MENGATASI SEMBELIT PADA ORANG DEWASA, MUDAH TAPI EFEKTIF

Sembelit kiranya menjadi salah satu gangguan kesehatan yang mungkin pernah dialami semua orang. Keadaan ini biasanya bisa terjadi ketika Sobat Sehat jarang makan sayur atau buah-buahan segar. Meskipun tidak berbahaya, sembelit bisa membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman untuk menjalani hari-hari. Jika demikian, bagaimana cara mengatasi sembelit pada orang dewasa?

Sembelit juga bisa disebut dengan konstipasi, merupakan sebuah keadaan di mana seseorang kesulitan untuk buang air besar. Pada umumnya, orang dikatakan mengalami sembelit ketika BAB tidak teratur dengan frekuensi kurang dari 3 kali dalam sepekan. Walau tidak membahayakan nyawa, Sobat Sehat jangan sampai menyepelekan gangguan sembelit ini, ya.

Cara Mengatasi Sembelit pada Orang Dewasa

Penyebab dari sembelit atau susah BAB ini bermacam-macam, seperti makan makanan yang kurang sehat, kurang minum air, atau jarang bergerak. Sembelit adalah masalah yang tidak terlalu berbahaya, sehingga Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara sederhana, seperti:

1. Memperbanyak Asupan Serat

Sayur dan buah-buahan adalah bahan pangan yang sehat dan bergizi. Selain kaya akan vitamin, buah dan sayuran merupakan sumber serat pangan yang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi dua jenis makanan ini setiap hari.

Serat adalah nutrisi yang memperlancar jalannya pencernaan dengan cara membuat kotoran lebih padat dan menyerap air dalam usus. Hal ini nantinya akan membuat kotoran sisa akan lebih cepat terdorong keluar. Semua jenis buah dan sayuran pasti mengandung serat pangan.

2. Tambah Aktivitas Fisik

Membiasakan berolahraga juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi sembelit pada orang dewasa. Hal ini karena dengan banyak bergerak, maka pergerakan otot-otot pada saluran cerna, khususnya usus, akan meningkat.

Berolahraga secara rutin ini paling tidak dilakukan selam 150 menit dalam satu minggu. Cukup lakukan gerakan yang ringan, seperti jalan kaki di sekitar lingkungan rumah, jogging, bersepeda, dan jenis olahraga lainnya. Jadi, kalau susah BAB, siapa tahu penyebabnya karena Sobat Sehat kurang gerak.

3. Minum Air Lebih Banyak

Cara mengatasi sembelit pada orang dewasa yang selanjutnya adalah dengan minum air putih lebih banyak. Apa Sobat Sehat tahu kalau kurang minum air putih bisa membuat tinja yang akan dikeluarkan mengeras. Tinja yang keras nantinya membutuhkan usaha keras untuk keluar dari saluran cerna.

Selain mengatasi sembelit, minum air yang banyak juga bisa membantu dalam mencegah dehidrasi, sebuah keadaan di mana tubuh kekurangan cairan.

4. Minum Air Garam Epsom

Sobat Sehat ternyata bisa melancarkan buang air besar menggunakan larutan air garam, lho. Namun, garam yang digunakan ini bukan garam biasa, ya, tapi garam Epsom atau garam inggris. Kenapa bisa? Garam inggris mengandung magnesium sulfat yang bermanfaat untuk mengatasi sembelit jangka pendek.

Cara menggunakan garam Epsom ini adalah Sobat Sehat tinggal melarutkan 3 – 5 sendok teh garam ke dalam air hangat kira-kira 250 ml. Cara yang satu ini hanya untuk orang dewasa saja, ya.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi sembelit pada orang dewasa yang bisa dilakukan di rumah. Apabila cara-cara di atas belum ampuh, Sobat Sehat bisa memanfaatkan obat sembelit di Apotek K-24, lho. Dengan pemakaian yang baik, sembelit akan segera hilang jika menggunakan obat sembelit.

Jadi, jangan ragu untuk datang ke Apotek K-24 terdekat, ya.