4 CARA MENGHILANGKAN JERAWAT DAN BEKASNYA, CEPAT DAN AMPUH!

Jerawat merupakan masalah wajah yang sangat mengganggu dan kadang bekasnya bisa membuat kepercayaan diri berkurang. Persoalan jerawat bisa muncul ketika Sobat Sehat mulai memasuki masa remaja dan berlangsung hingga dewasa. Oleh karena itu, cara menghilangkan jerawat dan bekasnya ini perlu Sobat Sehat ketahui agar kulit bisa bersih kembali dan kepercayaan diri meningkat.

Pada umumnya, jerawat akan muncul di kulit wajah ketika pori-pori tersumbat oleh minyak kulit yang berlebihan, bakteri, dan kulit mati. Akibatnya, jaringan kulit akan membengkak dan menghasilkan jerawat. Masalah jerawat ini sebenarnya tidak hanya datang di bagian wajah saja, tapi juga di area tubuh lainnya, seperti bahu, telinga, dada, hingga punggung.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Jerawat bisa datang pada siapa saja, baik pada kelompok perempuan atau laki-laki. Selain itu, jerawat biasanya dapat hilang sendiri tapi membutuhkan waktu yang cukup lama, hingga beberapa minggu. Bagi orang yang tidak sabaran, waktu tersebut tentu terbilang lama, apalagi jika Sobat Sehat perlu menghadiri acara penting.

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan jerawat, seperti:

1. Membersihkan Wajah dengan Rutin

Kunci utama dalam melawan masalah jerawat adalah menjaga kebersihan tubuh, terutama wajah secara rutin. Jadi, cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang pertama dan penting adalah mencuci wajah dengan sabun muka secara rutin, sebanyak 2 kali dalam sehari.

Sebaiknya gunakan sabun yang memiliki bahan-bahan khusus untuk melawan jerawat, seperti salicylic acid, calamine, dan glyserine.

Membersihkan wajah ini sangat penting ketika wajah sering berkeringat atau terlalu banyak minyak, apalagi jika setelah menggunakan kosmetik. Namun, hindari mencuci wajah terlalu sering, ya, karena bisa membuat kulit wajah menjadi kering.

2. Memanfaatkan Bahan Alami

Dalam melawan masalah jerawat, tidak perlu melulu tergantung pada produk-produk kecantikan. Sobat Sehat bisa memanfaatkan beberapa bahan alami, seperti lidah buaya, madu, dan ekstrak teh hijau. Gunakan bahan-bahan tersebut seperti menggunakan masker, paling tidak sebanyak satu kali sehari.

Selain ketiga bahan tersebut, Sobat Sehat juga bisa memakai minyak esensial yang terbuat dari tea tree oil, bunga mawar, kayu manis, atau lavender. Minyak esensial ini biasanya bersifat antibakteri dan antiradang yang bisa membantu dalam melawan jerawat dengan cepat.

3. Menjalani Perawatan Kulit

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang selanjutnya adalah dengan mengikuti prosedur perawatan kulit di klinik kecantikan. Sebelum melakukan perawatan, usahakan pilih klinik yang menggunakan konsultasi dokter sebagai salah satu prosedurnya.

Langkah tersebut untuk mencegah malpraktik atau perawatan kulit yang tidak cocok sehingga kulit wajah tidak akan rusak. Pada umumnya, ada beberapa jenis perawatan kulit berjerawat, seperti suntik jerawat, chemical peeling, hingga terapi laser.

4. Menggunakan Obat Jerawat Paling Ampuh di Apotek

Salah satu cara menghilangkan jerawat dengan cepat adalah dengan menggunakan obat jerawat yang dijual bebas. Umumnya, jenis obat-obat ini ada dalam bentuk krim, gel, atau salep yang mengandung asam azalea, asam salisilat, dan benzoil peroksida.

Sebelum menggunakan obat jerawat ini, usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu, ya. Sebab, bisa saja dokter akan memberikan resep obat seperti antibiotik, tretinoin, atau justru pil KB.

Meskipun beberapa obat jerawat ini dijual bebas, akan lebih baik jika Sobat Sehat membelinya lewat Apotek K-24, sebuah apotek resmi yang sudah sesuai dengan standar BPOM dan Kemenkes RI. Melalui Apotek K-24, Sobat Sehat akan mendapatkan produk yang aman dan asli.

Sobat Sehat juga bisa membeli obat jerawat paling ampuh ini lewat Apotek K-24 dengan cara online, yaitu melalui aplikasi K24Klik. Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya, mari selalu jaga kebersihan wajah bersama Apotek K-24.