MULTIPLE SCLEROSIS ADALAH: PENYEBAB, GEJALA, DAN CARA PENGOBATAN

Multiple sclerosis adalah salah satu jenis penyakit yang dapat mempengaruhi beberapa bagian tubuh, seperti tulang belakang dan otak. Setidaknya ada 30 orang dari 100.000 yang mengidap sklerosis ganda di dunia ini. Bagi Sobat Sehat yang berusia dalam rentang 30 sampai 40 tahun harus berhati-hati dengan penyakit ini karena sering menyerang kelompok dewasa.

Walaupun belum ada yang menyebutkan bahwa sklerosis ganda ini dapat menyebabkan kematian, tapi penyakit ini tidak baik untuk kesehatan organ-organ dalam. Sebab, umumnya orang menderita sklerosis ganda akan mengalami penurunan kualitas hidup dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika demikian, sebenarnya apa itu multiple sclerosis?

Multiple Sclerosis Adalah

Menurut Kementrian Kesehatan (Kemenkes RI), multiple sclerosis merupakan penyakit neurodegeneratif akibat dari adanya proses demielinisasi kronik pada sistem saraf. Singkatnya, multiple sclerosis atau sklerosis ganda adalah gangguan saraf pada otak, tulang belakang, dan mata.

Penyakit tersebut membuat sistem kekebalan tubuh justru menyerang lapisan lemak yang bertugas untuk melindungi serabut saraf. Ketika serabut saraf ini rusak, maka akan meninggalkan bekas luka atau sclerosis.

Akibatnya, ada masalah komunikasi antara otak dengan fungsi organ dalam di seluruh tubuh. Apabila tidak segera diobati atau dirawat dengan baik, maka sklerosis ganda dapat menjadi penyakit berkepanjangan, di mana terdapat penurunan dan kerusakan saraf secara permanen.

Hal tersebutlah yang membuat fungsi orang-organ lain akan menurun atau tidak bisa bekerja lagi.

Penyebab Multiple Sclerosis

Umumnya, sklerosis ganda ini lebih sering terjadi pada kelompok perempuan daripada laki-laki. Namun, tingkat keparahan dari penyakit ini sendiri bervariasi dan dapat menimbulkan efek yang berbeda-beda setiap penderitanya.

Ada dugaan bahwa penyebab dari multiple sclerosis adalah autoimun, sebuah keadaan di mana kekebalan tubuh salah dan justru menyerang tubuh jaringan sendiri. Selain itu, ada beberapa faktor genetik dan lingkungan yang mendorong kemungkinan multiple sclerosis, seperti:

  • Berjenis kelamin perempuan dan memiliki usia di antara 16-55 tahun.

  • Memiliki keluarga yang menderita multiple sclerosis.

  • Pernah menderita penyakit tiroid, radang usus, dan diabetes tipe 1.

  • Kurang mendapatkan paparan sinar matahari.

  • Kebiasaan merokok.

Gejala Multiple Sclerosis

Penyakit sklerosis ganda mempunyai gejala yang bermacam-macam. Sebab, multiple sclerosis adalah penyakit yang mempengaruhi sistem saraf di seluruh tubuh. Pada umumnya, penderita sklerosis ganda dapat merasakan gangguan gerak, gangguan penglihatan, dan gejala lainnya.

Gangguan gerak ini berupa mati rasa pada bagian tertentu, kesulitan berjalan, kesulitan menjaga keseimbangan, dan tremor atau gemetar. Sedangkan masalah penglihatan akibat sklerosis ganda meliputi penglihatan ganda, penglihatan kabur, dan rasa sakit saat menggerakkan mata.

Selain itu, penderita multiple sclerosis juga dapat merasakan gejala lainnya, seperti pusing, sulit bicara, lemas, sering kesemutan, dan ada gangguan pada kandung kemih.

Pengobatan Penyakit Multiple Sclerosis

Diagnosis penyakit multiple sclerosis ini harus lewat dokter dan melalui beberapa pemeriksaan, seperti pemeriksaan fisik, tes darah, MRI, dan lain-lain. Selain itu, ternyata belum ada pengobatan yang benar-benar bisa menyembuhkan sklerosis ganda ini.

Namun, ada beberapa metode pengobatan yang dapat mengurangi gejala dari multiple sclerosis. Beberapa bentuk pengobatan dari dokter untuk meredakan gejala multiple sclerosis adalah:

  • Obat-obatan, biasanya dokter akan memberikan methylprednisolone dan prednisone untuk mengurangi peradangan saraf. Selain itu, ada juga obat baclofen dan tizanidine yang dapat mengurangi kaku otot. Untuk mendapatkan obat yang aman, Sobat Sehat bisa berbelanja di Apotek K-24. Tidak hanya komplit obatnya, tapi juga terjamin keamanannya karena Apotek K-24 hanya menyediakan produk sesuai standar BPOM dan Kemenkes RI.

  • Terapi fisik atau fisioterapi yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan fisik.

  • Plasmapheresis, sebuah pengobatan di mana dokter membuang plasma darah menggunakan alat khusus.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai multiple sclerosis adalah di World MS Day ini, semoga dapat bermanfaat!