KULIT KERING KARENA SERING CUCI PIRING? INI CARA MENGATASINYA!

Sobat Sehat yang sering mencuci piring pasti sudah tidak asing dengan masalah kulit tangan kering dan kasar, bahkan sampai merah hingga iritasi. Jika sudah terlanjur begini, apa masih ada yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi kulit yang kering karena sering cuci piring?

Kulit tangan yang kering karena cuci piring disebabkan oleh paparan zat kimia yang terkandung dalam sabun cuci. Peradangan atau masalah kulit yang terjadi akibat paparan zat kimia ini disebut dengan istilah dermatitis atopik atau eksim. Masalah ini pun bisa semakin diperparah dengan gesekan antara kulit dan spons pencuci piring. 

Jika terus-menerus terpapar oleh bahan iritan tersebut, kulit pun akan menjadi kering, kemerahan, dan mengalami penebalan. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering akibat cuci piring?

  1. Cuci piring dengan sarung tangan karet agar kulit tak bersentuhan langsung dengan sabun cuci piring dan spons.

  2. Setelah mencuci piring, segera cuci tangan dengan bersih dan olesi dengan pelembab. Cuci tangan secukupnya dan jangan terlalu sering karena akan membuat tangan menjadi semakin kering.

  3. Apabila tangan terasa nyeri dan tidak nyaman, kompres dingin pada area kulit tersebut. Kemudian, olesi dengan krim pelembab untuk meredakan iritasi kulit tersebut.

  4. Rutin gunakan pelembab kulit untuk menjaga kesehatannya.

Source: dikutip dari berbagai sumber