BERENANG SAAT PANDEMI, AMAN NGGAK SIH?

Berenang memang bisa membuat pikiran lebih rileks. Selain itu, rutin berenang juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, berenang pun bisa meningkatkan imunitas tubuh sehingga bisa lebih kuat dalam melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Meski begitu, saat pandemi Covid-19 seperti ini, apakah berenang aman?

Jika memiliki kolam pribadi di rumah mungkin tak perlu pusing. Namun lain ceritanya dengan Anda yang harus menggunakan kolam renang umum, wajar jika Anda merasa khawatir dengan penularan virus corona sewaktu berenang.

Hingga saat ini, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) belum memberikan laporan dan penelitian yang membuktikan jika air kolam renang bisa menjadi media penularan Covid-19. 

Hal ini disebabkan karena zat yang ada di air kolam seperti klorin dan bromin bisa membunuh berbagai jenis mikroorganisme seperti bakteri dan virus. Inilah yang menjadi alasan mengapa risiko penularan Covid-19 di air kolam renang sangat kecil jika dibandingkan melalui udara. 

Meskipun berenang saat pandemi tergolong aman dan diperbolehkan, namun risiko penularan tetap ada lho. Apalagi jika Anda berenang di kolam umum yang ramai. Sebab, saat berada di kerumunan, Anda akan lebih sulit untuk menjaga jarak dengan orang lain. Ditambah lagi Anda tak mungkin memakai masker dalam keadaan basah kuyup setelah berenang. Tentunya hal ini memperbesar risiko Anda menghirup percikan droplet orang lain saat sedang berbicara, bersin, atau batuk. Dari sinilah penularan bisa terjadi.

Lalu apa yang harus dilakukan agar tetap aman berenang saat pandemi?

  1. Hindari kolam renang umum yang ramai

  2. Jaga jarak dengan orang lain dan terapkan physical distancing semaksimal mungkin

  3. Selalu gunakan masker saat tak berada di kolam renang

  4. Jangan berbagi penggunaan barang pribadi dengan orang lain. Misalnya seperti kacamata renang, handuk, peralatan mandi, penutup hidung, pelampung, dan lain sebagainya.

  5. Jangan lupa semprotkan disinfektan pada perlengkapan renang yang digunakan setelah selesai menggunakannya. Langsung mandi dan ganti pakaian dengan baju yang bersih.


Source: Dikutip dari berbagai sumber