MENGENAL SINDROM TOURETTE YANG SERING MUNCUL DI TIKTOK

Belakangan ini di TikTok sedang ramai adanya orang yang tampil dengan sindrom Tourette. Gangguan kesehatan ini merupakan kondisi yang berkaitan dengan sistem saraf dan menyebabkan pengidapnya mengalami gejala tics, yakni berupa gerakan atau suara berulang yang tak terkendali. 

Hingga saat ini pun belum diketahui penyebab pasti sindrom ini. Namun sejumlah penelitian menunjukkan jika sindrom ini merupakan kondisi genetik yang diturunkan dari orang tua pada anaknya.

CDC mengungkapkan jika gejala sindrom ini merupakan tics atau kondisi yang berulang muncul pada tubuh seseorang di luar kendali. Kondisi ini bisa berupa kedutan, gerakan, hingga suara yang tiba-tiba dan para pengidap sindrom ini tak bisa menghentikannya.

Umumnya gejala sindrom Tourette muncul saat usia anak-anak dari 5-10 tahun. Gejala pertama yang sering muncul adalah tics motorik yang biasanya terjadi pada daerah kepala dan leher. 

Gejala ini biasanya memburuk saat penderitanya berada dalam kondisi stress atau menyenangkan. Namun gejala ini akan membaik saat pengidapnya tenang atau fokus pada suatu aktivitas. Meski begitu, gejala ini bisa membaik atau sebaiknya menjadi kronis saat dewasa.

Hingga saat ini pun belum ada obat yang bisa menyembuhkan sindrom Tourette. Meskipun tersedia beberapa pengobatan dan perawatan untuk mengelola gejala tics yang muncul. 


Source:

Dikutip dari berbagai sumber