HARI PENGLIHATAN SEDUNIA 2020, YUK JAGA KESEHATAN MATA KITA!

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Tanpa mata yang sehat, tentunya aktivitas sehari-hari akan menjadi terganggu. Karenanya, kesehatan mata sangat penting untuk dijaga. Bahkan setiap tahunnya kesehatan mata selalu diperingati pada Hari Penglihatan Sedunia di hari Kamis minggu kedua bulan Oktober. 

Mata yang sehat tentunya merupakan dambaan setiap orang. Sayangnya, masih ada yang menyepelekan kesehatan organ penglihatan. Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang bisa merusak mata.

Membaca Sambil Tiduran

Saat Anda membaca sambil tiduran, maka jarak baca ideal dari mata ke buku pun sulit untuk diatur. Karenanya mata pun jadi mudah lelah dan pegal. Jangan sering melakukan hal ini ya Sobat Sehat karena bisa berujung pada kerusakan mata.

Baca atau Main HP di Tempat yang Minim Penerangan

Tanpa disadari, hal ini bisa membuat kemampuan lensa bekerja lebih keras untuk menebal dan menipis, pupil pun akan dipaksa berdilatasi dan mengakibatkan mata cepat lelah. Meski begitu, membaca di tempat yang terlalu terang pun juga tidak baik karena dapat menyilaukan mata.

Perawatan Softlens yang Kurang Bersih

Beberapa orang mungkin lebih memilih menggunakan softlens daripada kacamata. Namun jika tidak dirawat dengan benar, hal ini bisa menyebabkan iritasi pada mata. 

Sebelum menggunakan softlens, jangan lupa untuk mencuci tangan dan mengeringkannya terlebih dahulu. Selain itu, sebaiknya lepaskan softlens sebelum tidur agar tidak terjadi infeksi mata.

Sering Mengucek Mata dengan Keras

Saat mata terasa gatal, biasanya kita akan reflek untuk mengucek mata. Padahal, kebiasaan mengucek mata bisa merusak lapisan kornea dan menyebabkan terganggunya peredaran pembuluh darah di mata.

Menatap Layar Terlalu Lama

Radiasi yang dipancarkan oleh layar sangat berbahaya bagi mata. Hal ini bisa membuat mata lelah dan menyebabkan gangguan dan penyakit mata lainnya.


Sobat Sehat, kesehatan mata sangatlah penting untuk dijaga. Selain menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, Anda bisa menjaga kesehatan penglihatan dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan sehat untuk mata. Misalnya seperti wortel, bayam, atau brokoli. Anda pun bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan mata yang bisa didapatkan di Apotek K-24 atau aplikasi K24Klik.


Source:

Dilansir dari berbagai sumber