MENGENAL HAPPY HYPOXIA YANG MENYEBABKAN BANYAK PASIEN COVID-19 MENINGGAL

Belakangan ini Happy Hypoxia disebut sebagai gejala baru yang dialami oleh pasien positif Covid-19. Sebenarnya, apa itu Happy Hypoxia?

Happy Hypoxia atau Silent Hypoxia merupakan kondisi penurunan kadar oksigen dalam darah. Kondisi ini rupanya banyak ditemukan pada pasien positif Covid-19. Saat mengalaminya, pasien tidak merasa gejala seperti sesak napas atau lemas & cenderung merasa baik-baik saja

Meskipun pasien merasa baik-baik saja dan tidak mengalami gejala apapun, namun Happy Hypoxia merupakan kondisi yang berbahaya. Jika tubuh kekurangan oksigen dapat berisiko terjadi gagal organ. Selain itu, tentunya pasien akan mendadak jatuh ke kondisi yang kritis tanpa adanya gejala sebagai peringatan.

Hingga kini masih jadi pertanyaan mengapa pasien Covid-19 bisa mengalami Happy Hypoxia. Meski begitu, hal ini bisa diduga karena adanya toleransi pada tubuh terhadap kadar oksigen. Selain itu juga bisa disebabkan akibat adanya sumbatan pembuluh darah yang mengganggu respon pernapasan. 

Usia tua dan adanya penyakit diabetes pun bisa menyebabkan berkurangnya respon pernapasan. Tak hanya itu, gangguan sistem saraf yang terjadi pada pasien Covid-19 juga bisa menyebabkan adanya gangguan respon pada sesak napas. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui penyebab Happy Hypoxia.

Kondisi ini tentunya perlu diwaspadai. Karenanya, selalu jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan dimanapun Anda berada ya Sobat Sehat!


Source:

Dikutip dari beberapa sumber